Coba Peruntungan, Sony Ciptakan Mobil Otonom Futuristik!

Sumber: engadget.com

Sebagai perusahaan konglomerat multinasional Jepang yang berkantor pusat di Tokyo, Sony diketahui tengah mempersiapkan kendaraan otonom ramah lingkungan dengan konsep full entertainment selama perjalanan. Walaupun terkenal sebagai produsen barang elektronik, tapi Sony tidak bermain-main dalam usahanya untuk mengadakan mobil otonom ini. Ada beberapa sisi unik dari calon kendaraan masa depan ini, kira-kira apa saja ya?

Baca Juga: Deutsche Bahn Luncurkan Bus Otonom di 2018

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman engadget.com (3/11/2017), kendaraan ini dilengkapi oleh sensor gambar dengan resolusi tinggi hingga konektivitas 5G melalui Docomo. Kendaraan berbentuk mirip kubus ini menggunakan bahan bakar alternatif, Light Imaging, Detection, And Ranging (LIDAR), dan sejumlah komponen ultrasonik onboard. Uniknya lagi, kendaraan ini bisa juga dikemudikan oleh manusia dan mereka bahkan tidak membutuhkan lampu di malam hari! Kok bisa?

Pihak Sony mengklamin bahwa sensor gambar yang ditempatkan di sekitar mobil cukup sensitif, ditambah dengan tampilan pada layarnya (display) pun cukup berkualitas, sehingga Anda bisa mengemudikan mobil otonom ini tanpa lampu depan pada malam hari. Namun jika dilihat dari sisi  keselamatan berkendara, tentu saja setiap kendaraan yang melintas pada malam hari memerlukan lampu yang akan menjadi penanda bagi kendaran lain.

“Ketika sensor gambar sudah bisa menangkap keadaan di sekitar dengan sangat baik, maka di sini peran kaca sudah tidaklah se-vital dulu. Maka dari itu, kami mengganti kaca-kaca tersebut dengan layar High Definition (HD), sehingga Anda bisa menikmati hiburan dari layar tersebut,” ungkap salah satu juru bicara Sony. Mobil yang diberi nama SC-1 ini bahkan dinilai sangat cocok untuk dipasangi pemindai wajah, dimana dengan dipasangnya alat pemindai tersebut, akan menampilkan tayangan favorit si pengguna berdasarkan data yang sebelumnya sudah pernah ia masukkan.

Sony sendiri mengaku bahwa pihaknya sudah berkeliling menggunakan SC-1 di sekitaran Okinawa Science and Technology Graduate University College, terhitung sejak bulan September 2017 silam. Mungkin, Sony terinspirasi untuk menciptakan SC-1 dari Mercedes, dimana pada tahun lalu perusahaan manufaktur transportasi asal Jerman ini menampilkan konsep futuristik pada F 015 miliknya.

Baca Juga: Hadirkan Bus Otonom, DeNA Terbentur Regulasi Tentang Bangku Pengemudi

Mobil futuristik ini memiliki lantai yang terbuat dari kayu, kursi lounge yang nyaman, hingga layar touchscreen 4K yang bisa Anda temui di seluruh bagian dalam mobil. Tidak menutup kemungkinan juga, Sony akan mengaplikasikan beberapa inovasi yang dilakukan oleh Mercedes ke dalam kendaraan masa depannya itu.