Thursday, May 30, 2024
HomeDaratCorat–coret Dinding Stasiun Purwokerto akan Dipercantik dengan Karya Seni Lukis Mural

Corat–coret Dinding Stasiun Purwokerto akan Dipercantik dengan Karya Seni Lukis Mural

Stasiun Purwokerto (PWT) berada di wilayah Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto. Berada di petak antara Stasiun Karanggandul (KGD) dengan Stasiun Notog (NTG). Stasiun Purwokerto berada di lokasi Jl. Stasiun Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Dan ini merupakan stasiun besar yang melayani kereta api jarak jauh, jarak menengah dan kereta api barang. Penumpang yang naik dan turun di stasiun ini kebanyakan warga asli Kabupaten Banyumas dan pendatang dari luar kota.

Baca juga: PT KAI Daop 5 Purwokerto Antisipasi Beberapa Titik Rawan Bencana

Tapi pernahkah melewati dinding tembok sepanjang Jalan Stasiun Purwokerto mengarak ke selatan menuju Jalan Bumiayu-Purwokerto? Ya, terdapat dinding – dinding yang berdiri tegak di samping stasiun nantinya akan dijadikan perlombaan seni lukis mural yang diadakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto. Kegiatan lomba ini diadakan pada hari ini, Senin (28/3) selama 2 hari hingga tanggal 29 Maret 2022.

Dengan mengusung tema “Ikon Banyumas” peserta yang telah terpilih nantinya akan berkreasi dengan tangan mencorat – coret hasil ide kreativitasnya masing – masing. Pelaksana pembuka lomba dihadiri oleh DVP Daop 5 Purwokerto Willy Suryamiharja yang didampingi oleh Manager Humas Daoo 5 Purwokerto Ayep Hanapi beserta jajaran tim lainnya yang turut memeriahkan perlombaan ini.

Pengambilan tema Ikon Banyumas juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang ikon Banyumas dalam bentuk lukisan sehingga kedepannya diharapkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dengan diadakannya ajang lomba ini menjadi wadah kebebasan berekspresi dan untuk menyalurkan ide melalui karya seni mural sekaligus menjadi ajang apresiasi untuk para seniman mural di Indonesia khususnya di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya untuk tetap berkarya pada masa pandemi serta sebagai upaya untuk menangkal aksi vandalisme atau corat – coret dinding tanpa tema yang justru merusak keindahan sekitar.

Baca juga: KA Baturraden Ekspres Jadi Alternatif dari Purwokerto Menuju Bandung

Sebelumnya kegiatan lomba seni lukis mural ini pernah diadakan oleh PT KAI wilayah Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat pada tanggal 27 September 2021 lalu. Lomba ini dilakukan dalam menyambut HUT PT KAI ke 76 yang berada di Kota Padang dengan mengangkat tema “Melayani Lebih Baik.” Lomba tersebut dihadiri sebanyak 80 peserta lomba mural merupakan generasi muda milenial berpendidikan seni rupa baik di perguruan tinggi maupun sekolah menengah kejuruan jurusan seni rupa di Sumatera Barat.

PRAS – Cinta Kereta Api























RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru