KA Baturraden Ekspres Jadi Alternatif dari Purwokerto Menuju Bandung

0
Stasiun Purwokerto

Pada 25 Juni 2021, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan meluncurkan kereta api baru yakni KA Baturraden ekspres relasi dari Bandung menuju ke Purwokerto. Kereta ini  melintasi Cikampek dan akan beroperasi pada 25 dan 27 Juni serta 2 dan 4 Juli 2021.

Baca juga: Beberapa Kali Ganti Nama, Kereta Serayu Kembali Beroperasi

Beroperasinya KA Baturraden Ekspres sendiri akan menjadi alternatif bagi calon penumpang yang akan bepergian dari Purwokerto menuju ke Bandung atau sebaliknya. Sebab, sebelumnya relasi Purwokerto menuju ke Bandung hanya dilayani oleh KA Serayu yang melintasi jalur selatan dengan relasi dari Stasiun Purwokerto menuju ke Stasiun Pasar Senen.

Namun KA Baturraden Ekspres akan melintas di jalur utara yang akan melalui Cirebon dan Cikampek, kemudian baru menuju ke Bandung. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, KA Baturraden Ekspres memiliki kelas yang berbeda dengan Serayu.

Di mana KA Serayu hanya melayani kelas ekonomi karena mendapat PSO (Public Service Obligation). Sedangkan KA Baturraden Ekspres memiliki kelas eksekutif dan bisnis dengan tarif yang terbilang murah yakni Rp160 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp130 ribu untuk kelas bisnis.

Meski begitu, untuk mengoptimalisasi penumpang, PT KAI akan memanfaatkan kursi kosong pada relasi tertentu dengan memberlakukan tarif khusus. Seperti penumpang dari Purwokerto menuju ke Cirebon, tarifnya hanya Rp65 untuk kelas eksekutif dan Rp45 ribu kelas bisnis.

Peluncuran KA Baturraden Ekspres yang dilaksanakan pada 25 Juni mendatang dari Stasiun Purwokerto. Untuk jadwal perjalanan, KA Baturraden Ekspres akan berangkat dari Stasiun Purwokerto pukul 05.40 WIB dan tiba pukul 12.09 WIB.

Adapun jadwal keberangkatan dari Bandung, pada pukul 16.30 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB. Meski sudah masuk dalam Gapeka 2021 dan saat ini masih masa pandemi, KA Baturraden Ekspres belum akan dioperasikan setiap hari.

Baca juga: “Nopia.. Nopia..,” Oleh-oleh Khas Tak Terlupakan dari Stasiun Purwokerto

VP Humas PT KAI Joni Martinus mengatakan, KA Baturraden Ekspres akan menggunakan kereta lama yang merupakan kereta eksisting. Namun, Joni tidak menjelaskan menggunakan KA eksisting relasi mana.

LEAVE A REPLY