Beberapa Kali Ganti Nama, Kereta Serayu Kembali Beroperasi

1
KA Serayu (jalancerita.com)

Kereta Api Serayu yang melayani relasi Stasiun Pasar Senen – Stasiun Purwokerto mulai kembali diberangkatkan pada Jumat (12/6/2020) dari Pasar Senen pukul 09.15 WIB. KA Serayu menjadi kereta jarak jauh yang kembali dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota.

Baca juga: Setiap Nama Kereta Ternyata ada Filosofinya

“Perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dari siaran pers, Kamis (12/6/2020).

Eva mengatakan, pengoperasian kembali KA Reguler ini tentunya akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Masa Adaptasi Kebiasaan Baru ditengah pandemi Covid-19 akan diterapkan diberbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk pada layanan jasa transportasi.

Setelah kembali beroperasi, KabarPenumpang.com juga akan membahas sejarah KA Serayu ini. Dirangkum dari berbagai laman sumber, KA Serayu merupakan kereta api penumpang kelas ekonomi dari Pasar Senen – Purwokerto dan satu-satunya kereta api yang melintasi Kroya dan Kiaracondong.

Nama Serayu ini sendiri berasal dari nama salah satu sungai di Jawa tengah yakni Kali Serayu. Kereta ini pertama kali beroperasi pada 15 November 1985 dan awalnya bernama Galuh yang melayani relasi dari Banjar ke Sidareja.

Kemudian berubah nama menjadi KA Citrjaya yang melayani relasi Cilacap – Jakarta Raya. Tahun 1992, relasinya diperpendek dari Jakarta hanya sampai di Kroya dan berganti nama menjadi KA Cipuja yakni Cilacap-Purwakarta-Jakarta.

Baca juga: Yang Unik dari Stasiun Tawang, Alunan Gambang Semarang Gantikan Bunyi Bel

Namun akhirnya pada tahun 1997, KA ini berganti nama menjadi KA Serayu dan digunakan hingga saat ini. Relasinya pun pada tahun 2013, kereta ini diperpanjang sampai Stasiun Purwokerto.

Untuk diketahui, sebelum pandemi virus corona melumpuhkan berbagai moda transportasi salah satunya termasuk kereta api, KA Serayu ini beroperasi dua kali yakni KA Serayu Pagi yang berangkat dari Pasar Senen pukul 09.15 dan KA Serayu Malam yang berangkat pukul 21.25.

1 COMMENT

Leave a Reply