Yang Unik dari Stasiun Tawang, Alunan Gambang Semarang Gantikan Bunyi Bel

Stasiun Semarang Tawang masa kini, bangunannya tak berubah dari masa lalu

Suara tembang atau musik Jawa biasanya lebih sering di dengar saat acara-acara kebudayaan Jawa, tapi apa jadinya saat kita hendak bepergian dengan kereta api tiba-tiba mendengar suara tembang Jawa tersebut di stasiun? Ya, ada beberapa stasiun di Jawa Tengah yang menggunakan melodi gambang ini untuk kedatangan maupun keberangkatan kereta api dari stasiun-staisun tersebut.

Baca juga: Stasiun Sruweng, Ternyata Punya Musik Berbeda dari Stasiun Lainnya Loh!

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber ada beberapa stasiun yang menggunakan tembang Jawa yakni Stasiun Semarang Tawang, bel stasiun yang digunakan adalah nada lagu Gambang Semarang yang dimainkan dengan piano. Melodi ini diperdengarkan untuk menandai kedatangan kereta di Stasiun Tawang.

Gambang Semarang ini pun juga diperdengarkan di Stasiun Semarang Poncol. Hanya saja bedanya alunan gambang tersebut dibunyikan saat kereta akan melintas, datang dan berangkat dari Stasiun Semarang Poncol.

Bahkan di Stasiun kecil Weleri yang menjadi satu-satunya stasiun di Kabupaten Kendal untuk menaik turunkan penumpang juga menggunakan Gambang Semarang tersebut. Meski begitu bukan hanya di jalur utara saja, di jalur selatan juga memiliki lagu kedatangan yakni di Stasiun Sruweng yang letaknya dekat dengan tepian sungai Serayu.

Di Stasiun Sruweng sendiri bahkan lagu ini pun diputar ketika terjadinya persilangan dikala malam. Alunan-alunan lagu yang dimainkan dengan piano ini sebenarnya bisa mengangkat salah satu kebudayaan Indonesia melalui tembang atau musik jawa.

Dengan alunan tembang Jawa tersebut stasiun-stasiun ini tidak seperti stasiun lainnya yang masih menggunakan nada Westminster Chime (ting…tong…ting…tong…) sebagai penanda kedatangan kereta. Nah, ternyata bukan hanya Indonesia saja yang memiliki musik untuk penanda kedatangan atau keberangkatan kereta.

Baca juga: Jingle di Stasiun Kereta Jepang, Bangkitkan Semangat Penumpang

Jepang, sebagai negara dengan kereta apinya yang cukup sibuk ternyata ikut ambil bagian memperdengarkan jingle untuk keberangkatan keretanya. Melodi jingle tiap stasiun pun berbeda antara satu dengan lainnya.

Uniknya bila di Indonesia menggunakan tembang Jawa, di Jepang, stasiun menggunakan musik dari berbagai lagu anime atau film terkenal seperti Star Wars, Astro Boy dan beberapa lainnya. Selain membuat melodi yang baru dari biasanya, tembang atau jingle tersebut bisa membangkitkan semangat dan bedanya di Indonesia tembang dibunyikan di stasiun jarak jauh sedangkan Jepang untuk stasiun kereta komuternya.