Cuaca di Selat Sunda Membaik, Arus Balik dari Sumatera ke Jawa Berjalan Lancar

0

Arus balik penumpang dan kendaraan dari Bakauheni, Lampung menuju Merak, Banten terpantau ramai lancar pada Minggu (3/12) sore hari. Hingga pukul 15.00 sudah 10.210 orang, 935 unit roda empat, 1.200 unit sepeda motor, 38 bus dan 850 unit truk yang menyeberang menuju pulau Jawa.

Baca juga: Penyeberangan Merak-Bakauheni Kembali Dibuka, ASDP Kerahkan Kapal Ferry Bertonase Besar

PLT Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Intan Sugiharti mengatakan, kondisi cuaca yang semakin baik di Perairan Selat Sunda mendukung kelancaran arus balik libur panjang akhir pekan awal Desember ini. “Arus balik dari Bakauheni hingga sore ini terpantau normal dengan kondisi ramai lancar, dan tidak ada antrian,” tutur Intan, Minggu (3/12) lewat siaran pers.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Anton Murdianto mengatakan, setelah sebelumnya terjadi cuaca ekstrem, kini kondisi cuaca semakin baik dimana tinggi gelombang berada di kisaran 0,50 meter hingga 0,75 meter.

“Kecepatan angin juga sudah kembali normal sekitar 4-5 knot. Namun, kami terus berkoordinasi dengan BMKG dan seluruh stakeholder terkait, demi memastikan layanan penyeberangan berjalan lancar, aman dan selamat,” tutur Anton. Dari pelabuhan Bakauheni, lanjutnya, dioperasikan 5 dermaga dengan 29 unit kapal yang melayani penyeberangan menuju Merak, Banten.

Namun demikian, kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan diimbau tetap waspada dan bersabar dalam melakukan perjalanan menyusul potensi cuaca ekstrem tengah melanda sejumlah perairan di Indonesia, termasuk Selat Sunda.

Baca juga: Mengenal Bakauheni, Pelabuhan Utama Penghubung Transportasi ke Sumatera

PT ASDP Indonesia Ferry bersama dengan seluruh mitra kerja pelayaran dan regulator sangat memprioritaskan faktor keselamatan dan keamanan seluruh pengguna jasa sehingga akan patuh pada aturan untuk tidak memberikan pelayanan selama kondisi cuaca buruk berlangsung.

 

Leave a Reply