Monday, July 15, 2024
HomeAnalisa AngkutanDaftar 20 Maskapai Terbaik 2022 Versi AirlineRatings.com, 9 di Antaranya dari Asia

Daftar 20 Maskapai Terbaik 2022 Versi AirlineRatings.com, 9 di Antaranya dari Asia

Usai melalui tahun-tahun sulit sepanjang 2020 dan 2021, maskapai penerbangan global mulai bangkit perlahan di tahun 2022. Ledakan pengunjung selama liburan musim panas ini sampai menyebabkan maskapai dan bandara kewalahan adalah bukti bangkitnya industri penerbangan.

Baca juga: Jadi Maskapai Terbaik, Modal Awal Cathay Pacific Hanya Satu Pesawat DC-3 Bernama “Betsy”

Dalam kondisi keuangan yang masih terdampak pandemi Covid-19, praktis maskapai global hanya fokus pada operasional. Meski begitu, tak sedikit maskapai yang tetap berinovasi pada produk dan layanan serta ekspansi pada rute-rute baru.

Komitmen maskapai-maskapai tersebut diapresiasi oleh AirlineRatings.com dalam bentuk daftar 20 maskapai terbaik di dunia. Di tiga urutan teratas ada Qatar Airways, Air New Zealand, dan Etihad Airways.

Pemimpin Redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas, mengungkapkan Qatar Airways pantas mendapatkan posisi tersebut atau sebagai maskapai terbaik di dunia 2022. Inovasi dan komitmen maskapai untuk terus melakukan perbaikan pada layanan dinilai menjadi yang terbaik di tahun 2022.

“Penghargaan Airline Ratings’ Excellence yang menyoroti Maskapai Terbaik di dunia diberi nama yang tepat, karena, di setiap titik kontak, keunggulan adalah tujuan di Qatar Airways yang dipimpin oleh Group Chief Executive, Mr Akbar Al Baker,” jelasnya.

“Keinginan Mr Al Baker untuk kesempurnaan telah menyebabkan banyak perbaikan dalam pesawat dan pelancong di seluruh dunia menjadi lebih baik karena mengejar keunggulan Qatar Airways,” tambahnya.

“Maskapai ini memiliki sejumlah industri pertama. Pertama yang menyelesaikan audit keselamatan IOSA penting IATA dan pertama yang sepenuhnya diaudit dan mematuhi COVID-19 oleh AirlineRatings dan Skytrax,” ujarnya.

Lebih lanjut, meski berada di posisi kedua maskapai terbaik di dunia, Air New Zealand berhasil menyabet penghargaan di kategori lainnya, seperti Best Airline in the Pacific, Best Premium Economy, dan Best Economy. Dari segi inovasi layanan di masa mendatang, maskapai juga berinvestasi besar-besaran. Itu akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

“Dalam banyak hal, maskapai ini telah menetapkan standar keunggulan maskapai selama 15 tahun terakhir. Ekonomi Premiumnya luar biasa dan menjadi tolok ukur di industri ini dan tanpa diragukan lagi merupakan nilai terbaik di langit,” kata Geoffrey.

Singapore Airlines, yang biasanya selalu berada di urutan paling atas daftar maskapai terbaik dunia, juga berhasil menyabet penghargaan di kategori lain, yaitu Best First Class dan Best Lounges, sekalipun berada di posisi kelima daftar maskapai terbaik dunia versi AirlineRatings.com.

Virgin Australia, yang berada di urutan ketujuh daftar maskapai, juga memenangkan penghergaan di kategori lain; Best Cabin Crew, diikuti Emirates yang dianugerahi Best Inflight Entertainment.

Begitu juga dengan Etihad Airways yang memenangkan kategori Best Environmental Airline, Korean Air untuk Best Cargo Airline, maskapai Vietjet yang memenangkan Best Value Airline, dan Qantaslink untuk kategori Best Regional Airline.

Di segmen atau kategori penerbangan jarak jauh terbaik, itu dimenangi oleh satu maskapai di masing-masing benua; jetBlue (Amerika), Turkish Airlines (Eropa), Qatar Airways (Timur Tengah/Afrika), Korean Air (Asia), dan Air New Zealand (Pasifik).

Begitu pula dengan ketegori bergengsi Best Low-Cost Airlines yang juga dinobatkan ke beberapa maskapai di tiap benua; Southwest (Amerika), easyjet (Eropa) dan Jetstar (Asia/Pasifik) dan Fly Dubai (Timur Tengah).

Baca juga: Geser Singapore Airlines, Qatar Airways Kini Jadi Maskapai Terbaik Dunia

Berikut daftar 20 maskapai terbaik di dunia tahun 2022 versi AirlineRatings.com berdasarkan performa perusahaan selama 30 bulan terakhir.

  1. Qatar Airways
  2. Air New Zealand
  3. Etihad Airways
  4. Korean Air
  5. Singapore Airlines
  6. Qantas
  7. Virgin Australia
  8. EVA Air
  9. Turkish Airlines
  10. All Nippon Airways (ANA)
  11. Cathay Pacific Airways
  12. Virgin Atlantic
  13. Japan Air Lines (JAL)
  14. JetBlue
  15. Finnair
  16. Emirates
  17. Hawaii Airlines
  18. Air France/KLM
  19. Alaska Airlines
  20. British Airways
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru