Geser Singapore Airlines, Qatar Airways Kini Jadi Maskapai Terbaik Dunia

Sumber: Victorynews

Singapore Airlines (SIA) yang tahun lalu mendapat penghargaan maskapai terbaik dunia, harus rela memberikan gelar tersebut pada Qatar Airways. Qatar sendiri akhirnya kembali dinobatkan menjadi maskapai terbaik dunia pada World Airline Awards 2019 di Paris, Selasa (18/6/2019) kemarin.

Baca juga: Qatar Airways Umumkan Jadi Maskapai Pertama yang Operasikan Boeing 777X

Bahkan dengan menjadi maskapai terbaik dunia, Qatar sudah mendapatkan gelar ini untuk kelima kalinya dimana sebelumnya pada tahun 2017, 2015, 2012 dan 2011. Selain mendapat gelar maskapai terbaik di dunia, Qatar Airways juga mendapat penghargaan kelas bisnis terbaik, kursi kelas bisnis terbaik dan maskapai terbaik di Timur Tengah.

“Ini adalah momen yang membanggakan bagi maskapai ini karena inovasi dan standar layanan kami yang konstan menjadi tolak ukur dalam industri kami,” kata kepala eksekutif grup Qatar Airways Akbar Al Baker.

KabarPenumpang.com melansir dari laman straitstimes.com (19/6/2019), meski Singapore Airlines tak menjadi yang terbaik di dunia, maskapai asal Negeri Singa ini juga memenangkan beberapa penghargaan utama seperti awak kabin terbaik, kelas satu terbaik, maskapai terbaik di Asia dan kursi kelas satu terbaik.

Urutan maskapai terbaik ketiga diraih oleh All Nippon Airways atau ANA yang merupakan maskapai Jepang. Urutan keempat dan kelima diduduki oleh Cathay Pacific milik Hongkong dan Emirates.

Urutan keenam diraih oleh EVA Air asal Taiwan, dimana maskapai ini juga mendapat penghargaan sebagai maskapai terbersih. Posisi ketujuh ada Hainan Ailines, kedelapan diduduki oleh Qantas Airways, sembilan oleh Lufthansa dan sepuluh oleh Thai Airways.

Tak hanya itu, AirAsia Malaysia bahkan dinobatkan sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik di dunia. Bangkok Airlines menjadi maskapai regional terbaik dunia.

Philippine Airlines sebagai maskapai yang paling ditingkatkan dan Star Alliance sebagai aliansi maskapai terbaik. World Airline Awards, yang diselenggarakan oleh perusahaan riset yang berbasis di London, Skytrax, adalah salah satu yang paling bergengsi di industri penerbangan.

Baca juga: OAG Flightview: Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling On Time di Asia

Pemeringkatan ini didasarkan pada survei yang dilakukan kepada pelancong global dan lebih dari 21 juta suara dihitung dalam survei tahun ini, yang dilakukan sejak September 2018 hingga Mei 2019.