Qatar Airways Umumkan Jadi Maskapai Pertama yang Operasikan Boeing 777X

Sumber: samchui.com

Setelah sebelumnya pabrikan pesawat asal Amerika, Boeing merilis varian terbaru dari jet komersialnya, 777X kepada pihak internal perusahaan, kini kabar terbaru datang dari maskapai asal Timur-Tengah Qatar Airways yang dinobatkan sebagai pelanggan pertama pesawat jenis ini. Pernyataan ini dilontarkan langsung oleh Chief Executive Qatar Airways Group, Akbar Al-Baker pada Kamis (6/6/2019) kemarin.

Baca Juga: Goyang Pasar Wide-Body, Boeing Siap Luncurkan 777X 13 Maret 2019

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pesawat yang memiliki ukuran mesin lebih besar ketimbang jenis Boeing 737 ini memiliki dua varian – 777-8 dan 777-9. Jeda pembeda yang memisahkan dua varian ini adalah kapasitas angkut penumpangnya, dimana varian 777-9 memiliki daya angkut yang lebih besar (400 bangku) ketimbang varian 777-8 (350 bangku).

“Kami akan menerima 40 pesawat baru di tahun depan ke dalam armada kami, yang berarti bahwa kami akan mendapatkan 1 pesawat baru rata-rata setiap sepuluh hari. Kami juga, tahun depan, akan menjadi maskapai pertama yang menerima 777X, yang merupakan pesawat terbaru dari Boeing,” kata Al-Baker, dikutip KabarPenumpang.com dari laman urdupoint.com (6/6/2019).

Bertambahnya armada di tubuh Qatar sendiri sejalan dengan bertambahnya destinasi penerbangan di dalamnya. Menurut Al-Baker, salah satu rival terberat dari Emirates ini menambah kira-kira 15 destinasi baru setiap tahunnya, dan kini pihak maskapai tengah melakukan ekspansi bisnis ke Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

“Kami akan terbang menuju Botswana, Ghana, termasuk Kamerun, dan Zambia dan banyak negara lain seperti Republik Demokratik Kongo, baik di tahun ini dan tahun depan,” kata Al Baker.

Ya, semakin melebarnya sayap bisnis dari Qatar Airways ini merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh setiap maskapai untuk bisa tetap berada di jalur persaingan. Pun dengan penambahan armada atau peremajaan armada yang dilakukan oleh pihak maskapai – ini juga merupakan salah satu cara untuk merebut hati penumpang sembari mengoperasikan rute penerbangan secara efisien.

Baca Juga: Wow! Mesin Boeing 777X Lebih Besar dari Body 737

Jika dilihat dari spesifikasi dasarnya, dikabarkan Boeing 777X lebih efisien 20 persen per-bangku ketimbang saudara tuanya, Boeing 777-300ER. 777X juga memiliki ruang kabin yang lebih besar dengan ukuran jendela yang juga diperbesar. Boeing 777X menggabungkan fitur terbaik dari 777 saat ini dengan badan pesawat yang lebih panjang, mesin baru dan desain sayap komposit dari Boeing 787.