Wow! Mesin Boeing 777X Lebih Besar dari Body 737

Sumber: newatlas.com

Boeing telah memasangkan mesin fanjet terbesar di dunia pada varian pesawat bermesin ganda terbesar di dunia, 777X. Dalam foto yang dirilis oleh pihak Boeing beberapa waktu yang lalu, tampak prototipe 777X yang masih belum sepenuhnya rampung di Boeing’s Renton, Washington. Pemasangan mesin dari General Electric dengan tipe GE9X ini merupakan bagian dari persiapan perusahaan untuk melakukan penerbangan perdana pada tahun 2019 ini.

Baca Juga: Seri Boeing 777 Diluncurkan dalam Dua Varian “Business Jet”

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (8/1/2019), purwarupa dari Boeing 777X ini sendiri telah mulai dirakit sejak tahun 2017 kemarin. Boeing sendiri telah merencanakan dua varian dari pesawat berbadan lebar yang mampu menempuh perjalanan jarak jauh ini. Perusahaan pun menggadang-gadang bahwa Boeing 777X ini akan menjadi pesawat jet bermesin ganda terbesar dan paling efisien di dunia.

“(Boeing 777X akan menjadi) Jet bermesin ganda paling efisien di dunia, dengan konsumsi bahan bakar 12 persen lebih rendah dan ini akan berimplikasi pada biaya operasi 10 persen lebih rendah daripada kompetitor,” ujar pihak Boeing dalam sebuah pernyataan resmi.

Hal semacam ini dimaksudkan untuk membangun inovasi teknik dan interior dari varian 777 dan Dreamliner 787 agar mampu menangani rute penerbangan jarak jauh langsung, semisal dari Singapura menuju New York. Dengan daftar harga mulai dari US$350 juta yang ditawarkan oleh pihak Boeing, 777X akan terbagi ke dalam dua varian, 777-8 dan 777-9. Keduanya akan memiliki jangkauan hingga 8.700 mil laut atau yang setara dengan 16.110km. Dua varian ini ditunjang oleh konfigurasi tempat duduk antara 350 hingga 425 seats.

Menilik ke mesin GE9X sendiri, ukurannya yang hampir setara dengan body (lebar fuselage) dari Boeing 737 ini dilengkapi oleh 16 bilah kipas yang terbuat dari komposit serat karbon canggih. Selain itu, mesin ini juga terdiri dari enam bagian yang dicetak dengan menggunakan teknologi 3D, dan komponen lain yang dibuat dari material ringan dan tahan panas yang disebut ceramic matrix composite.

Baca Juga: Kolaborasikan Tenaga Manusia dan Robot, Boeing 777X Siap Mengudara di 2020

Ceramic matrix composite sendiri mampu menahan panas hingga 2.400 derajat Fahrenheit. “Kita dapat mengubah kenaikan suhu ini menjadi kinerja ekstra,” ujar Ted Ingling, general manager untuk program GE9X di GE Aviation. Kelak, mesin GE9X ini akan ‘berkolaborasi’ dengan bentang sayap dari Boeing 777X yang diperlebar menjadi 72 meter – menghasilkan jarak terbang yang fantastis, namun tetap hemat bahan bakar.