Dalam 5 Tahun, Kejahatan di Kereta Api India Meningkat Hingga 500 Persen!

Sebanyak 500 persen kejahatan meningkat di kereta api India dalam lima tahun terakhir. Ini terlihat dari data pelaporan terkait pencurian, perampokan hingga pemerkosaan yang terjadi di dalam kereta api.

Baca juga: Perkeretaapian India Bocorkan Cara Ampuh Tindak Lanjuti Aksi Kriminal

Dirangkum KabarPenumpang.com dari laman outlookindia.com (2/8/2018), pada tahun 2016 data resmi sebanyak 39.355 kasus kejahatan terjadi di kereta api India dan jumlah ini meningkat dua kali lipat menjadi 71.055 di tahun 2017. Sedangkan hingga Maret 2018 sebanyak 20.777 kasus telah dilaporkan baik itu pencurian perampokan bahkan pemerkosaan.

Tahun 2017 sendiri, insieden pencurian meningkat dua kali lipat dan perampokan meningkat hingga 70 persen. Pemerkosaan meningkat dari 604 kasus di tahun 2016 menjadi 614 di tahun lalu, sedangkan laporan hingga Maret 2018 sudah ada 193 laporan.

Kenaikan kejahatan yang luar biasa tersebut membuat pemerintah mengumumkan akan memasang kamera pengawas (CCTV) di sejumlah gerbong kereta dan stasiun yang diidentifikasi tempat banyak terjadinya hal-hal tersebut. Pengamanan khusus dari Railway Protection Force (RPF) diusulkan untuk ditingkatkan dan anjing pelacak terlatih dihadirkan untuk menekan pelaku pembuat onar tersebut.

Nantinya dalam gerbong perempuan juga akan ditambahkan tombol panik (panic button) untuk memudahkan para wanita mendapatkan bantuan. Sebenarnya untuk masalah keamanan kereta India sendiri ada tiga tingkatan perbantuan selain RPF yang akan mengawasi kejahatan berkaitan dengan pencurian properti kereta api.

Sedangkan GRP (Government Railway Police) akan menangani yang berkaitan dengan kejahatan penumpang serta pihak kepolisian negara yang bertanggung jawab pada kejahatan di luar atau pinggiran stasiun kereta api. Sehingga bisa dikatakan tiga macam petugas keamanan tersebut tidak berkaitan satu dengan lainnya.

Adapun bila ada laporan pencurian di satu lokasi akan dilaporkan pada stasiun berikutnya semetara pihak kereta api menyelidikinya. Karena sulit dalam menangkap kebenaran dalam klaim penumpang terkait kehilangan, sebenaranya pemandangan tersebut menjadi biasa di pos GRP karena banyak tas atau koper bertumpuk di meja stasiun.

Seorang penumpang yang barang-barangnya telah dicuri biasanya dibiarkan sia-sia dan biasanya tidak ditemukan. Sejak dekade-dekade awal setelah Kemerdekaan negara itu, konsep layanan tunggal unformed untuk pemolisian rel telah direkomendasikan oleh satu komite ahli setelah yang lain.

Baca juga: Kementerian Kereta Api India Janji Sulap Gerbong Lama Jadi Lebih Modern

Tetapi pemerintah pusat berulang kali tidak dapat menerima panggilan atas pertanyaan rumit dan sensitif. Pada awal tahun 1968, sebuah komite berkekuatan tinggi pada keamanan dan pemolisian kereta api yang dikepalai oleh Menteri Negara untuk Perkeretaapian Ram Subhag Singh telah merekomendasikan bahwa kejahatan kereta api dipindahkan ke daftar subjek bersamaan di bawah konstitusi, untuk memberdayakan RPF.

Sedangkan beberapa ahli lain menyatakan bahwa RPF dibubarkan dan bahwa GRP dijadikan satu-satunya penjaga pemolisian kereta api. Kecuali pemerintah hari itu dapat mengambil panggilan pada pertanyaan penting ini, grafik kejahatan kereta api tidak mungkin menunjukkan penurunan ke bawah.

Maria Okta

Share
Published by
Maria Okta

Recent Posts

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Penuh Masalah, Indonesia Balik Rangkul Jepang! Ahli: Sulit Integrasikan Cina-Jepang

Setelah mulai digarap pada tahun 2016 lalu, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akhirnya dihentikan pada…

2 hours ago

Tips Lolos dari Aturan Batas Cairan Maksimal 100 Ml ke Kabin Pesawat, Cukup Pakai Kertas!

Penerbangan internasional mempunyai sederet aturan ketat. Alasannya, apalagi kalau bukan faktor keamanan; meminimalisir kesempatan oknum…

6 hours ago

Mengenal RESA, ‘Juru Selamat’ Pesawat di Bandara

Insiden kecelakaan pesawat Boeing 737-800 Air India Express dengan nomor penerbangan IX 1134 mengingatkan semua…

8 hours ago

Kereta Ikonik ”Katak Hijau” Dipindah ke Tempat Kelahiran Hachiko

Gerbong kereta ikonik yang dijuluki "katak hijau" belum lama ini dipindahkan ke tempat kelahiran Hachiko…

9 hours ago

Misteri Kecelakaan Air India Tahun 1966 yang Tewaskan Tokoh Penting Mulai Terkuak, Ada Campur Tangan CIA

Gunung Mont Blanc di Pegunungan Alpen, Perancis, jadi saksi bisu kecelakaan pesawat maskapai Air India…

11 hours ago

Jalur Shinkansen Ini Berhenti di Pakaian Dalam Pria, Loh!

Jaringan kereta peluru shinkansen Jepang dimulai dengan jalur Tokaido Shinkansen yang membentang dari Tokyo hingga…

23 hours ago