Day Limo, Perahu Amfibi Keluaran Iguana Yacht, Oke di Darat dan Lautan

0
Day Limo, perahu amfibi berkapasitas 12 orang saat sedang masuk ke perairan. Foto: Iguana Yacht

Menyimpan perahu di dermaga, tentu biasa. Namun, apa jadinya bila perahu disimpan di garasi rumah? Dahulu, butuh usaha lebih untuk mengangkut perahu dari lautan ke daratan, demikian pula sebaliknya. Tetapi, seiring perkebangan teknologi, hal itu mudah dilakukan.

Baca juga: Travelers Penyuka Diving Wajib Tau! U-Boat Worx Luncurkan Kapal Selam Paling Ringan

Di awal bulan ini, perusahaan desain dan pembuatan kapal atau perahu generasi baru, Iguana Yachts, meluncurkan Day Limo, perahu amfibi berkapasitas 12 orang yang handal di darat dan di lautan. Tak hanya itu, pabrikan juga mengklaim perahu amfibi buatannya bisa disimpan di superyachts dan beraktivitas dengan mudah berkat bantuan roda rantai di bagian bawahnya.

Selain itu, perahu amfibi ini juga diproduksi dengan berbagai pilihan mesin, mulai dari diesel, gas atau listrik antara 300 dan 600 horse power (hp). Detailnya, dari spesifikasi yang beredar, di atas daratan, Day Limo hanya sanggup menempuh sekitar 7 km per jam. Sebaliknya, ketika di lautan, perahu amfibi itu bisa melaju sampai 74 km per jam.

Dari segi interior dan eksterior, Day Limo juga cukup menawan. Warna putih kombinasi hitam ditambah kanopi di bagian tengah dan kaca partisi di bagian depan menjadi satu kesatuan utuh dalam membuat tampilan perahu amfibi tampak spesial. Belum lagi roda rantai di bagian bawah dengan ground clearance setinggi kurang lebih satu meter, makin menambah tegas tampilan luar kapal.

Menariknya, dalam laporan New Atlas, perahu amfibi itu memang hanya bisa menampung maksimal 12 orang. Namun bila dibutuhkan, Day Limo bisa menampung tambahan penumpang hingga lima orang. Hal itu dimungkinkan dengan fitur tata letak vis-a-vis sofa, dimana sofa bisa disesuaikan dengan tambahan lima orang tersebut sehingga mampu mengangkut totalnya sampai 17 orang.

Ground clearance Day Limo setinggi hampir satu meter. Foto: Iguana Yacht

Sebagai kendaraan yang kekuatan utamanya ada di laut atau perairan, Day Limo juga dilengkapi dengan fitur yang melindungi penumpang dari cipratan air dan terik panas dengan keberadaan retractable kanopi yang menjulang di tengah kapal. Bila dibutuhkan, kanopi tersebut dapat menjangkau seluas area kapal dan melindungi penumpang di overhead. Kemudian, di bagian samping, kaca partisi akan bertemu dengan kanopi, seperti sedang mengurung penumpang. Dengan begitu, mereka bisa terbebas dari panas terik dan cipratan air sambil tetap menikmati pemandangan dengan sekat kaca partisi.

Baca juga: Singapore Duck Tour, Wisata Amfibi dengan Rantis eks Perang Vietnam

Dalam keadaan sepi penumpang atau low capacity, mungkin berbagai barang bawaan bisa saja diletakkan sembarang di atas perahu. Namun, saat perahu disesaki penumpang, hal itu tentu tak mungkin dilakukan. Namun tenang, jika kondisi itu terjadi, Iguana Yacht yang sudah didirikan sejak 2008 ini sudah menyiapkan bagasi berkapasitas hingga enam koper di bagian depan. Untuk barang-barang kecil, seperti sepatu dan pakaian renang, penyimpanan di bawah sofa juga menyediakan ruang yang cukup luas.

Meskipun sudah dilaunching, Day Limo sampai saat ini belum dirilis harga resminya. Pihak galangan kapal hanya menyebut “price on request”. Meski demikian, beberapa pihak berspekulasi, bahwa Day Limo mungkin akan dibanderol dengan harga mulai €231.000 dan €598.000 atau sekitar Rp9,5 miliar (kurs 1 euro = Rp15.725).

Leave a Reply