Travelers Penyuka Diving Wajib Tau! U-Boat Worx Luncurkan Kapal Selam Paling Ringan

0
Produsen kapal selam asal Belanda, U-Boat Worx, belum lama ini meluncurkan kapal selam berawak yang diklaim paling ringan yang pernah dibuat. Foto: U-Boat Worx via newatlas.com

Produsen kapal selam asal Belanda, U-Boat Worx, belum lama ini meluncurkan kapal selam paling ringan yang pernah dibuat perusahaan. Kapal selam yang diberi nama ‘Nemo’ tersebut adalah salah satu dari lima model yang dikembangkan perusahaan, mulai dari yatch, cruise operations, tourism, research, dan cinematoghraphy. Adapun kapal selam ‘Nemo’ masuk ke dalam model tourism.

Baca juga: Perkenalkan scUber, Layanan Ride-Sharing Kapal Selam Pertama di Dunia!

Dilansir newatlas.com, sebagaimana segmennya yang notabene peruntukan untuk wisata, kapal selam ‘Nemo’ hanya bisa memuat maksimal dua orang, dengan bobot hanya 2.500 kg, panjang 280 cm, lebar 231, tinggi 155 cm. Bandingkan dengan model dan seri lainnya, mulai dari Super Yatch Sub yang memiliki bobot 3,800 kg, Cruise Sub Series yang varian terkecil seberat 8,500 kg, C-Researcher Series dengan varian terkecil seberat 4,100 kg, dan C-Explorer Series dengan varian terkecil seberat 6,010 kg.

Khusus untuk varian terakhir, C-Explorer Series, kapal selam tersebut rupanya mempunyai reputasi tinggi, loh. Model tersebut pada 2019 lalu pernah ditumpangi oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Kala itu, Putin bersama dua stafnya tengah mengikuti penyelaman untuk memberikan penghormatan kepada awak kapal selam ShCh-308 tersebut, Putin menaiki wahana ekspolrasi bawah air C-Explorer 3 buatan U-Boat Worx. Kapal selam mini dapat dimuati tiga orang termasuk pengemudi.

Wahana C-Explorer 3 turun hingga kedalaman 50 meter di bawah air selama kurang lebih 30 menit. Dari dalam kapal selam dengan kokpit kaca gelembung ini, Putin turut menyaksikan penempelan plakat nama-nama awak korban ShCh-308 yang dilakukan oleh tim penyelam.

Kembali ke Nemo, selain memiliki bobot tergolong ringan, kapal selam yang diklaim sebagai salah satu teknologi bawah laut paling canggih yang saat ini tersedia tersebut juga memiliki dimensi yang cukup kecil, bahkan lebih kecil dari gabungan dua jet ski. Kemudian, dari sisi kemampuan, Nemo mampu bertahan di bawah air selama delapan jam, dengan maksimal kedalam mencapai 100 meter, serta didukung kecepatan maksimum sebesar 3 knot atau 6 kilometer per jam

Dari sisi mobilisasi dan akses keluar masuk, Nemo juga tergolong easy use. Pengguna bisa masuk dan keluar dengan mudah lewat lubang dengan diameter yang pas. Selain itu, bobotnya yang ringan dan dimensi kecil membuat pengguna dapat dengan mudah memidahkan Nemo dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan menggunakan mobil atau bahkan di derek di belakang mobil.

Meskipun bobotnya ringan dan dimensinya tak lebih besar dari gabungan dua jet ski, namun, bukan berarti kapal selam Nemo miskin fitur. Justru sebaliknya. Kapal selam Nemo tercatat memiliki sejumlah fitur lengkap yang mencakup keselamatan, kemanan, dan kenyamanan, berupa AC, komunikasi bawah air nirkabel, satu lampu sorot, dan enam lampu tambahan di bagian depan dan sudut Nemo. Tak hanya itu, fitur tambahan juga menawarkan lebih banyak lampu, sonar, manipulator arm, serta paket navigasi.

Baca juga: Bill Gates Ramai Disebut Telah Beli Kapal Pesiar Mewah Seharga Rp8,8 Triliun, Ini Faktanya!

Sistem kemudinya juga tergolong canggih. Dengan teknologi MANTA Controller, penumpang masih bisa mengendalikan Nemo dengan mudah tanpa harus bergantung pada pilot, driver, atau instruktur berlinsensi yang menemani proses eksplore bawah laut. Bila mana manuver penumpang dinilai berbahaya, fitur Auto-heading and Auto-depth akan membantu mengembalikan kendali ke instruktur agar Nemo tetap under control. So, cukup aman dan nyaman bukan?

Kapal selam Nemo saat ini dibanderol seharga €975.000 atau Rp 16,5 miliar (kurs 16,710). U-Boat Worx menawarkan kursus pelatihan 12 hari di fasilitas Sub Centre di Curaçao, Karibia Belanda untuk setiap pembelian, di mana pemilik akan mempelajari semua yang diperlukan untuk mengoperasikan secara mandiri.

Leave a Reply