Bill Gates Ramai Disebut Telah Beli Kapal Pesiar Mewah Seharga Rp8,8 Triliun, Ini Faktanya!

0
Konsep Superyacht Aqua dilengkapi dengan helipad yang diisukan telah dibeli oleh Bill Gates. Foto: SuperYacht Times

Bill Gates belakangan ramai jadi bahan perbincangan setelah diisukan telah membeli kapal pesiar super mewah seharga Rp8,8 triliun. Hal tersebut menjadi isu hangat mengingat orang terkaya nomor dua di dunia dengan kekayaan bersih mencapai Rp1.612 triliun tersebut memiliki rekam jejak cukup bagus di bidang sosial (melalui dua yayasannya, The Gates Foundation dan Gates Ventures).

Baca juga: FB277 – Superyacht Serba Komplit yang Siap Disewakan Per Juni 2019

Dengan beredarnya kabar bahwa pendiri Microsoft membeli kapal pesiar Superyacht Aqua  berbahan bakar hidrogen pertama di dunia sepanjang 112 meter tentu membuat sebagian kalangan angkat bicara. Mereka bergeming, dengan uang sebesar itu (Rp8,8 triliun untuk membeli sebuah kapal pesiar mewah), harusnya Bill Gates bisa menggunakannya dengan lebih bijak, seperti mendanai riset proyek-proyek kendaraan listrik dan hidrogen yang dinilai menghasilkan dampak yang jauh lebih besar ketimbang sebuah kapal pesiar mewah untuk bersenang-senang.

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman engadget.com, Rabu, (12/2), kabar tentang pembelian kapal pesir mewah Superyacht Aqua awalnya beredar dari laporan Sinot, firma arsitektur asal Belanda yang berada di balik desain kapal pesiar bertenaga hidrogen tersebut.

Dalam laporannya, perusahaan yang bermarkas di Eemnes, Utrecht, Belanda tersebut menyatakan bahwa pihaknya telah melaporkan penjualan Aqua ke Gates. Namun, belakangan laporan penjualan Superyacht Aqua ke orang terkaya nomor dua di dunia adalah salah. Mereka pun mengkonfirmasi ulang dengan menyatakan bahwa antara Sinot dan Bill Gates belum memiliki kesepakatan apapun, termasuk pembelian superyacht Aqua.

“Aqua adalah konsep yang sedang dikembangkan dan belum dijual kepada Gates. Sinot tidak memiliki hubungan bisnis dengan Gates. Konsep Aqua tidak terkait dengan Gates atau perwakilannya dalam bentuk apapun, semua informasi (terkait pembelian Aqua oleh Bill Gates) yang beredar adalah tidak benar,” bunyi keterangan tertulis Sinot dalam laman resminya, seperti dilihat KabarPenumpang.com.

Meskipun demikian, sebagian kalangan menilai, hal tersebut (bantahan oleh Sinot) sangat wajar mengingat belakangan pemberitaan mengenai dirinya dan Bill Gates menjadi gaduh, sehingga wajar bila perusahaan mengambil langkah seperti itu.

Baca juga: Kenali 10 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

Di samping itu, sebetulnya, identitas pembeli memang berhak untuk disembunyikan, sebagai bagian dari privasi dan keamanan pembeli. Dengan harga sebesar itu (Rp8,8 triliun), memang tidak ada yang sanggup membeli kecuali triliunen tajir melitir seperti Gates.

Sinot Yacht Architecture and Design atau Sinot Exclusive Yacht Design sendiri adalah perusahaan arsitektur asal Belanda yang mengkhususkan diri dalam desain Superyacht eksterior dan interior. Salah satu produknya yang disebut “Aqua Concept” yang memiliki banyak fitur seperti helipad dan infinity pool, fasilitas spa, pintu kaca yang mencapai langit-langit, dan bahkan air terjun di dek kapal, desain kapal ini pertama kali dipresentasikan pada ajang Monaco Yacht Show 2019.

Leave a Reply