Kenali 10 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

0

Naik kapal ferry? Buat sebagian dari Anda mungkin itu sudah biasa, tapi jadi luar biasa bila menjajal rute ferry terbaik di dunia. Pasalnya tak semua orang punya kesempatan emas ini. Tak berbeda dengan di Indonesia, banyak negara lain yang menggantungkan moda transportasinya pada kapal ferry. Dan diantara banyak negara yang mengoperasikan ferry, muncul pertanyaan rute ferry mana yang dianggap terbaik di dunia? Dan inilah “Top 10 Ferry Rides World” yang dirilis situs dailymail.co.uk.

1. Alaska Marine Highway System (Amerika Serikat)
Rute kapal ferry ini didedikasikan sebagai jalur penghubung antar kota kecil dan pedesaan yang lokasinya tidak terjangkau oleh jalan darat. Dibalik dinginnya suhu Alaska, rute paling cantik dari ferry ini yang menghubungkan antara Juneau ke Sitka yang merupakan bagian dari Inside Passage. Apa yang dilihat? Rute kapal ferry ini mengitari Tongass National Forest, hutan nasional terbesar di AS. Dari atas dek kapal, penumpang bisa melihat identitas sejarah pemukiman warga tradisional Rusia. Sementara di permukaan air, tak jarang ikan paus dan anjing laut memberi atraksi gratis bagi penumpang.

13ferry-system-cuts

2. Ilala Ferry, Danau di Malawi (Afrika Timur)
Ini merupakan layanan kapal ferry mingguan yang berlayar dari Monkey Bay. Ilala ferry tidak termasuk layanan yang mewah, namun kapal ini menawarkan kabin yang rapih dan bersih. Selain kualitas kapal yang baik, pemandangan desa-desa di pinggiran danau menjadi pemandangan yang menakjubkan, menampilkan suasana keseharian warga Malawi di daerah tepencil. Selain menarik bagi wisatawan, ferry menjadi pondasi banyak masyarakat untuk pengiriman barang. Ilala ferry menyajikan dek atas untuk wisatawan, ruangan bar, dan restoran. Rute ferry tambah menarik dengan pemberhentian di Pulau Mumbo yang dikenal sebagau surga tropis.

3

3. Star Ferry, Hong Kong (Tiongkok)
Perjalanan trans pelabuhan ini usianya usah sangat tua, yakni sejak 1880. Perjalanan ferry yang penuh dengan ikonik sejarah ini menghubungkan antara Kowloon Tsimshatsui ke Central di Pula Hong Kong. Apa yang dijual dari rute ferry ini jelas adalah pemandangan berupa taburan gedung pencakar langit di pesisir Hong Kong. Tampilan terbaik adalah pada malam hari dengan penataan lampu-lampu gedung yang bisa dinikmati dari dek kapal.

Star-Ferry

4. Oban Bay (Skotlandia)
Pulau Hebridean di Skotlandia menawarkan pemandangan alam dan habitat satwa yang menakjubkan. Dengan alam yang masih asli, di sepanjang perjalanan kapal dipastikan penumpang bisa melihat lumba-lumba, dan jika musimnya pas akan muncul ikan paus. Rute yang jadi andalan adalah dari oban Bay ke Pulau South Uist. Pemandangan berupa bukit-bukit dan pegunungan mendominasi pemandangan. Pemandangan indah diantaranya seperti potongan sejarah Duart Castle, mercusuar di Ardnamurchan dan bahkan Teluk Tobermory dikenal sebagai lokasi pengambilan gambar di serial TV Balamory.

obanbay1

5. Manly Ferry, Sydney (Australia)
Bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Sydney, menjajal Manly Ferry rasanya layak menjadi agenda wajib. Menumpangi ferry dengan ornamen klasik, penumpang langsung diajak melihat Opera House dan Harbour Bridge dari dekat. Selain menawarkan pemandangan yang cantik, peran inti dari ferry sebagai alat transportasi umum bagi warga lokal yang tinggal wilayah Manly. Manly berlokasi di sebelah Selatan kota Sydney, jaraknya hanya 7 mil dari pusat kota Sydney.

01.manlyFerry-A4MEKX-1680x1050

6. Golden Horn Ferry, Istanbul (Turki)
Terletak di antara dua benua, yakni Asia dan Eropa, menjadikan Turki adalah surge wisata yang tiada tanding. Dan salah satu cara menikmati keindahan negeri dua benua ini dengan mengarungi Selat Bosphorus, lautan yang membelah sisi Asia dan sisi Eropa dari Turki. Nah, wahana yang digunakan untuk menikmatinya adalah kapal ferry yang mengambil rute mengelilingi selat selama kurang lebih 3 jam, dan destinasi yang paling populer yakni Golden Horn. Selama tur di kapal ferry tersebut, kita akan melihat arsitektur kota Istanbul yang indah. Perumahan penduduk di bukit yang dikombinasikan dengan gedung perkantoran yang tertata rapi.

istanbul-turkey-september-2009-a-ferry-crosses-the-golden-horn-with-mosques-visible-on-the-far-shore_eyj5ib9wl__S0000

7. Golden Gate, San Francisco Ferry (Amerika Serikat)
Mau melihat Pulau Alcatraz yang fenomenal, atau ingin berlayar dibawah jembatan Golden Gate? Jawabannya berlayarlah dengan San Francisco ferry. Tak hanya menyasara wisatawan, kapal ferry ini juga diperuntukkan bagi warga kebanyakan. Mereka yang ingin melihat pemandangan dan snap foto yang sempurna dapat menikmati perjalanan ke Sausalito dengan segelas anggur atau bir untuk bersulang pandangan – sebelum menikmati warna-warni kota bergaya Mediterania dengan restoran dan galeri seni.

12

8. Monte Carlo Harbour (Monako)
Wujudnya berupa kapal ferry berukuran kecil yang melayani antar jemput penumpang di sekitaran pelabuhan Monte Carlo. Yang khas dari ferry di Monte Carlo adalah menikmati pelayaran dengan latar kumpulan super Yacht yang melengkapi resor-resor mewah. Sayangnya rute ferry ini tak lama, hanya berdurasi sekitar 20 menit.

article-1263998-0912900E000005DC-260_634x347

9. Dalmatian Coast (Kroasia)
Ini merupakan destinasi berlayar yang paling populer di Eropa. Dengan tebaran pulau di sepanjang Pantai Adriatik, menjadikan pemandangan yang dilihat dari ferry rute Dalmatian Cost benar-benar spektakuler. Air jernis dan hangatnya sinar matahari menjadi kombinasi yang tak terlupakan bagi wisatawan. Diantara rute favorit yang diunggulkan yakni antara Rijeka dan Dubrovnik.

Vis-(38)-L

10. Staten Island Ferry, New York (Amerika Serikat)
Staten Island merupakan pulau yang masih masuk dalam wilayah kota New York. Dan salah satu cara berkunjung kesana yaitu dengan naik ferry yang berangkat dari Manhattan. Dalam perjalanan ke Staten Island, penumpang bisa menikmati keindahan beberapa pulau, seperti Ellis, Governor, patung lLberty dan jembatan Verrazono yang terkenal. Dan hebatnya ferry yang melayani penumpang 24 jam ini dapat dinaiki secara gratis.

12

Leave a Reply