Damri Uji Coba Bus Listrik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

0
Damri uji coba bus listrik di Bandara Soetta. Foto: Kompas.com

Indonesia beberapa kali sudah mulai uji coba bus listrik yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Salah satu yang sudah mulai uji coba operasional adalah milik PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta.

Baca juga: Satu Armada Bus LIstrik Kembali Diuji Coba TransJakarta di Rute Blok M–Balaikota

Mengikuti jejak TransJakarta, Damri pada perayaan ulang tahunnya ke 75 tahun melakukan uji coba operasional bus listrik (shuttle bus) di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Peluncuran bus listrik untuk uji coba itu dilakukan, pada Kamis (5/11/2021).

Direktur utama Damri Milatia Moemin mengatakan, pengoperasian bus listrik adalah mewujudkan komitmen untuk turut serta berkontribusi mencapai target kendaraan listrik berbasis baterai yang mencapai 20 persen populasi kendaraan di Indonesia tahun 2025 mendatang. Selain itu Milatia mengatakan, dengan kendaraan berbasis listrik juga menurunkan emisi gas buang hingga 29 persen tahun 2030.

Milatia menyebutkan, uji coba operasional bus listrik ini sudah melalui pengkajian dan penggunaan pada trayek reguler dari dan ke bandara guna memastikan kendaraan tersebut aman dan dapat beroperasi.

“Bus listrik yang Damri operasikan merupakan hasil kerja sama dengan PT Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors dan kerja sama dengan PT Sokonindo Automobile dengan merek mikro bus DFSK. Keduanya telah memenuhi standar kualitas bodi dan komponen motor listrik serta baterai yang telah teruji,“ ujar Milatia.

Dia menambahkan, nantinya jika seluruh kebijakan terkait kendaraan listrik sudah ditetapkan, maka Damri siap untuk mengimplementasikannya sejalan dengan keharusan perusahaan untuk bersikap adaptif atas tantangan masa depan. Milatia mengatakan, Damri terus berinovasi dengan penggunaan alat produksi yang lebih ramah lingkungan, resiliensi, berkelanjutan, modern dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung konektivitas transportasi darat.

Baca juga: PT INKA Punya Bus Listrik dan Kini Diuji Coba di Jakarta oleh PT TransJakarta

Selain dua perusahaan tersebut, Milatia menyebutkan bahwa Damri sangat terbuka untuk seluruh operator transportasi yang ingin melakukan kerja sama untuk penggunaan kendaraan listrik jenis micro bus atau lainnya.