Dear Traveller, Singapore Airlines Geluti Tiga Bisnis Baru Loh! Ada Makan Siang Mewah di Pesawat A380

0
Singapore Airlines meluncurkan tiga bisnis baru di tengah pandemi Corona. Foto: SIA via Strait Times

Singapore Airlines mengumumkan bakal memulai penerbangan flight to nowhere atau terbang tanpa tujuan (lepas landas dan mendarat di bandara yang sama) mulai Oktober mendatang. Program tersebut umumnya ditujukan untuk masyarakat Singapura, mengingat turis dinilai hampir mustahil masuk negara itu.

Baca juga: Singapore Airlines Tawarkan Traveller Terbang Tiga Jam ‘Tanpa Tujuan’

Seolah tak cukup, maskapai nasional Singapura itu belum lama ini kembali meluncurkan tiga terobosan bisnis terbaru. Tiga itu, mulai dari makan siang mewah di pesawat Airbus A380, tur keliling fasilitas pelatihan maskapai terbaik di dunia pada tahun 2018 dan terbaik ke-2 tahun 2019 versi Skytrax ini, hingga layanan pesan-antar (delivery) sajian mewah khas penerbangan.

Dilansir straitstimes.com, Singapore Airlines (SIA) membanderol makan siang selama tiga jam di kabin kelas ekonomi Airbus A380 hanya sebesar $50 atau sekitar Rp750 ribu (kurs 14.800).

Daftar harga makan siang di pesawat Airbus A380, di Bandara Changi. Foto: Istimewa

Bagi pelanggan yang menginginkan berbagai hal lebih, mulai dari sajian, pemandangan, servis, fasilitas, serta desain jauh lebih mewah dibanding kabin kelas ekonomi, mereka dapat menikmati makan siang mewah di ultra first-class suites A380 SIA dengan mahar sebesar $600 atau sekitar Rp9 juta (kurs 14.800). Layanan ini sudah bisa dipesan mulai 12 Oktober mendatang.

Bila sajian mewah di pesawat komersial terbesar sejagat milik SIA tak begitu menarik, traveller bisa menjajal pengalaman seru berkeliling pusat pelatihan maskapai. Biaya yang dipatok pun tak terlalu mahal, hanya sebesar $15 atau sekitar Rp225 ribu (kurs 14.800) untuk anak-anak berusia 3-12 tahun dan $30 atau sekitar Rp450 ribu (kurs 14.800) untuk orang dewasa.

List harga tur keliling fasilitas Singapore Airlines. Foto: Istimewa

Selain itu, SIA juga memberi kesempatan siapapun untuk menjajal serunya merasakan sensasi menerbangkan pesawat melalui flight simulator. Hanya saja, keseruan dan pengalaman unik menikmati fasilitas flight simulator SIA cukup sebanding dengan kocek yang harus dirogoh pelanggan, yakni sebesar $500 atau sekitar Rp7,5 juta (kurs 14.800). Layanan ini mulai dibuka pada 1 November 2020.

Akan tetapi, bila pandemi virus Corona begitu menyeramkan untuk memulai langkah seribu, memberanikan diri keluar dari rumah dan menjajal berbagai unit bisnis baru maskapai di tengah lesunya iklim penerbangan komersial, mungkin tawaran SIA yang satu ini cocok untuk Anda.

List program SIA@HOME. Foto: Istimewa

Maskapai Singapore Airlines diketahui juga meluncurkan program SIA@HOME, sebuah layanan pesan-antar (delivery) makanan mewah yang biasa dihidangkan SIA untuk para penumpang kelas bisnis dan kelas satu (first- or business-class). Untuk first class meals SIA, harganya dibanderol mulai dari $448 atau Rp6,6 juta (kurs 14.800). Adapun untuk business class meals SIA dalam program ini, dibanderol mulai $288 atau sekitar Rp4,3 juta (kurs 14.800). Layanan ini sudah bisa dinikmati mulai 5 Oktober 2020.

Baca juga: Tak Punya Penerbangan Domestik, Cathay Pacific dan Singapore Airlines Ditaksir Bakal Lebih Lama Pulih

Juru bicara SIA mengatakan, mengingat kasus virus Corona masih terus bermunculan di Singapura, tiga bisnis baru di atas jumlah pesertanya akan dibatasi. Selain itu, SIA juga akan mengevaluasi program tersebut demi menemukan formula terbaik.

Sekalipun terdengar unik dan inovatif, tak sedikit kalangan memandang negatif tiga bisnis baru Singapore Airlines. Pendiri Makansutra, K.F. Seetoh, misalnya, menganggap harga sebesar itu, khususnya untuk layanan pesan antara makanan khas penerbangan, dinilai terlalu mahal. Singkatnya program tersebut diprediksi bakal sepi peminat.

Leave a Reply