Delapan Fitur Tersembunyi di Pesawat, Penumpang Wajib Tahu!

0
Pramugari keluar dari ruang rahasia melalui jalan pintas atau emergency hatch awak kabin. Foto: Twitter @jong_pj

Bagi traveler yang sudah sering bepergian naik pesawat, mereka biasanya sangat hafal berbagai fitur yang ada. Meski begitu, di pesawat itu sendiri terdapat banyak fitur tersembunyi di dalam dan di luar kabin.

Baca juga: Awas! Bila Dapat Kursi Pesawat di Bawah Bagian Ini Atau Anda Bakal ‘Ketiban’ Awak Kabin

Masing-masing fitur, baik itu berupa tombol maupun handle, tentu sangat berguna di beberapa situasi. Apa saja fitur rahasia tersebut? Dikutip dari news.com.au, berikut daftar delapan fitur di pesawat yang harus diketahui penumpang saat bepergian.

1. Handrail di atas kursi penumpang

Handrail di atas kepala sebetulnya sangat mencolok. Tetapi, kadang kala ini terlihat tak lebih dari sekedar memenuhi aspek artistik belaka. Padahal, ini bisa menjadi pegangan penumpang alih-alih memegang kursi dan mengganggu penumpang lainnya.

2. Tombol rahasia di bawah armrest

Tombol ini sengaja diletakkan di bawah armrest agar penumpang lebih nyaman saat menyandarkan tangan. Tombol rahasia ini berfungsi untuk mengangkat armrest ke atas dan memudahkan penumpang beranjak dari kursi.

3. Lubang kecil di jendela pesawat

Breather hole atau biasa juga disebut vent hole sebetulnya disadari penumpang, tetapi, besar kemungkinan tak banyak yang tahu fungsinya. Vent hole atau breather hole berfungsi menjadikan jendela pesawat tak berembun.

4. Wing hooks

Wing hooks atau kait berwarna kuning di sayap pesawat memang tak bisa digunakan penumpang saat dalam penerbangan. Tetapi, dalam kondisi darurat, wing hooks amat berfungsi untuk proses evakuasi.

5. Segitiga hitam di dinding

Bagi penumpang yang jeli, pasti mereka pernah melihatnya. Penulis sendiri, sepanjang naik pesawat, tidak pernah melihat segitiga hitam di dinding pesawat. Segitiga hitam di dinding pesawat berfungsi untuk menandakan ke kru posisi sayap pesawat yang paling tepat untuk dilihat.


6. Pegangan di pintu keluar

Seperti fitur-fitur rahasia pesawat di atas, fitur pegangan di pintu keluar pesawat juga sebetulnya sangat mencolok. Tetapi, penumpang hampir pasti tak menyadarinya. Pegangan di pintu keluar berfungsi untuk pegangan kru saat pesawat terguncang serta saat penumpang meninggalkan pesawat.

Baca juga: Pantas Banyak ‘Skandal,’ Ternyata Pramugari Punya ‘Ruang’ Tersembunyi Bak Hotel di Pesawat

7. Tombol kecil di lemari kamar mandi

Tombol yag terletak di bawah cermin ini berfungsi untuk membuka lemari yag berisi fasilitas seperti pembalut, tisu, paper bags, dan lainnya.

8. Asbak di toilet pesawat

Meski merokok di pesawat dilarang keras, tetapi, produsen tetap menyediakannya. Alasannya mudah, andai kata ada penumpang yang nakal, mereka harus memastikan bara api itu jatuh pada tempatnya, bukan di sembarang tempat.