Awas! Bila Dapat Kursi Pesawat di Bawah Bagian Ini Atau Anda Bakal ‘Ketiban’ Awak Kabin

0
Pramugari keluar dari ruang rahasia melalui jalan pintas atau emergency hatch awak kabin. Foto: Twitter @jong_pj

Ketika masuk ke dalam pesawat dan duduk sesuai dengan kursi yang tertera di tiket, biasanya penumpang melihat ke luar jendela. Itupun bagi yang duduk tepat di samping jendela. Bagi mereka yang duduk di kursi tengah atau pinggir, biasanya gadget adalah andalan untuk melepas penat sambil menunggu pesawat lepas landas, atau hal lain yang paling mungkin adalah mengeset tempat duduk dan tidur. Jarang sekali penumpang melihat-lihat sekitar kabin.

Baca juga: Pantas Banyak ‘Skandal,’ Ternyata Pramugari Punya ‘Ruang’ Tersembunyi Bak Hotel di Pesawat

Padahal, bila mereka melakukan itu (melihat-lihat sekitar kabin), mungkin sesuatu yang aneh akan didapatkan. Seperti dikutip dari laman stuff.co.nz, Jumat, (6/3), di balik struktur pesawat, yang pada umumnya penumpang hanya mengetahui adanya ruang kargo dan kabin, nyatanya terdapat ruang khusus untuk awak kabin beristirahat dan ruang khusus tersebut bisa saja diketahui dengan melihat indikasi adanya kompartemen penumpang yang tak memiliki handle atau tak bisa dibuka dari luar.

Usut punya usut, rupanya kompatemen penumpang tanpa pegangan atau tak bisa dibuka dari luar tersebut adalah jalan keluar darurat awak kabin untuk keluar lebih cepat. Itulah sebabnya mengapa kompartemen tersebut tak dapat dibuka dari luar. Sebab, bila terbuka, penumpang memang dapat sedikit mengintip ruang tersembunyi awak kabin tersebut. Sebaliknya, bila keadaan darurat memaksa awak kabin keluar lewat emergency hatch tersebut dengan sembrono atau tak hati-hati, bisa saja penumpang kejatuhan mereka.

Hanya saja, posisi emergency hatch awak kabin, yang dapat terlihat dari tidak adanya pegangan atau handle kompartemen penumpang agar bisa dibuka dari luar, cenderung berbeda-beda. Ada yang di atas penumpang, ada yang sebaliknya, di bawah penumpang, di bagian lantai kabin, hingga di bagian depan kanan kabin. Tergantung pada jenis pesawatnya. Airbus A380, misalnya, justru terletak di bawah kabin mengingat pesawat tersebut memiliki dua lantai. Jadi, posisi ruang tersembunyi awak kabin berada di antara kedua lantai tersebut dan emergency hatch-nya berada di bawah lantai dua.

Seperti yang sudah ramai diberitakan, belum lama ini seorang pramugara atau awak kabin bernama Blair, telah membuat netizen terkejut akibat sebuah postingan di laman Instagram milik Virgin Australia. Dalam video berdurasi singkat tersebut, tampak sang pramugara tengah berada di ruangan ‘asing’ di dalam sebuah pesawat dan berlagak seperti sedang mengintip dengan membuka sebuah tirai hitam yang menutupinya ruangan atau kamar tersebut. Sekilas, hampir tak ada bedanya dengan hotel kapsul.

Ruang rahasia itu diketahui tepat berada di atas kursi kabin kelas ekonomi dan kelas bisnis pada bagian sebelah kiri. Ia tidak menjelaskan secara detail apakah ruang atau kamar tersembunyi itu tersedia di semua jenis pesawat. Namun, pada video tersebut, ruang rahasia itu berada di pesawat Boeing 777-300ER yang notabene tergolong sebagai pesawat berbadan lebar atau widebody, dengan durasi terbang berkisar 7-15 jam lamanya. Jadi, wajar saja bila terdapat kamar tersembunyi seperti itu.

“Ada dua tempat istirahat di pesawat Boeing 777-300ER kami, yang terletak di atas kabin kelas bisnis dan ekonomi di kedua ujung pesawat dan digunakan setelah layanan makanan utama. Istirahat dialokasikan untuk memastikan bahwa jumlah kru yang tepat selalu tetap bawah (kabin) untuk membantu para tamu,” katanya dalam video tersebut.

Baca juga: Imbas Penerbangan Sepi, Bagaimana dengan Gaya Hidup Glamor Pramugari?

“Area istirahat untuk awak kabin kami berada di atas kabin ekonomi, dan memiliki delapan tempat tidur (single) dengan seprai, selimut, dan bantal yang nyaman untuk memastikan awak beristirahat dengan baik begitu mereka kembali ke kabin” tambahnya.

Meskipun ada dua tempat (di atas kursi kabin kelas ekonomi dan kelas bisnis), ia menjelaskan, lazimnya, kamar rahasia di atas kabin kelas ekonomi tersebut digunakan untuk para awak kabin. Sedangkan kamar tersembunyi di atas kelas bisnis dikhususkan untuk pilot dan kru dengan fasilitas yang nyaris serupa dengan kamar tersembunyi peruntukan awak kabin.

Leave a Reply