Thursday, June 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanDengan Boeing 787 Dreamliner, Uzbekistan Airways Layani Penerbangan Langsung Jakarta-Tashkent

Dengan Boeing 787 Dreamliner, Uzbekistan Airways Layani Penerbangan Langsung Jakarta-Tashkent

Nama Uzbekistan Airways kurang dikenal oleh kebanyakan pelancong dari Indonesia. Namun, dengan dibukanya penerbangan langsung (direct flight) Jakarta-Tashkent pada 26 April 2023, nama Uzbekistan Airways (UA) mulai menjadi perhatian, terlebih pemerintah Uzbekistan memberikan bebas visa kepada warga negara Indonesia (WNI) dalam kunjungan wisata selama 30 hari.

Baca juga: Buat Iri Negara Sekitar, Uzbekistan Hadirkan Kereta Cepat yang Hubungkan “Masa Lalu dan Masa Depan

Dalam penerbangan dua kali seminggu (Rabu dan Sabtu), Uzbekistan Airways menawarkan penerbangan langsung selama 8 jam dari Jakarta ke Tashkent menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 787-8 Dreamliner.

Uzbekistan Airways adalah maskapai penerbangan nasional dari Uzbekistan. Didirikan pada tahun 1992, maskapai ini memiliki basis utama di Bandara Internasional Tashkent. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan penumpang dan kargo ke berbagai tujuan domestik dan internasional.

Uzbekistan Airways mengoperasikan berbagai jenis pesawat, seperti Boeing 757, Boeing 787 Dreamliner, dan Airbus A320. Maskapai asal negara Asia Tengah ini memiliki jaringan rute yang luas, menghubungkan Uzbekistan dengan tujuan-tujuan internasional utama di Eropa, Asia, dan Timur Tengah, serta beberapa tujuan domestik.

Meskipun tidak menjadi anggota aliansi penerbangan global seperti Star Alliance atau SkyTeam, Uzbekistan Airways memiliki sejumlah kemitraan dan kesepakatan codeshare dengan maskapai penerbangan lain untuk meningkatkan jangkauan dan konektivitasnya.

Rute penerbangan terjauh Uzbekistan Airways adalah dari Tashkent, Uzbekistan, ke Bandara John F. Kennedy International di New York City, Amerika Serikat. Jarak langsung antara kedua kota tersebut sekitar 7.300 mil atau sekitar 11.750 kilometer. Penerbangan ini merupakan salah satu penerbangan internasional jarak jauh yang dioperasikan oleh maskapai ini menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner.

Indonesia Menjadi Negara Pertama Mendapatkan Bebas Visa ke Uzbekistan

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru