Dengan Model Train Set, PT KAI Jadi Lebih Mudah Siapkan Layanan WiFi di Kereta

0

Setelah lama dinanti, akhirnya ada kepastian bahwa tahun 2018 ini PT KAI bakal menyakikan layanan WiFi di gerbong kereta. Meski bukan teknologi baru, harus diakui sejak lama wacana layanan WiFi sudah dicanangkan pihak PT KAI, namun karena masih ada sejumlah kendala teknis, implementasi WiFi on train berjalan lambat.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro menjanjikan peningkatan pelayanan di 2018. “Saat ini mengenai fasilitas WiFi di kereta ini terus kita bicarakan, dan harapannya tahun ini sudah kita implementasikan. Namun bertahap, tidak langsung semua kereta ada WiFi,” ucap dia di Gedung Jakarta Railway Centre (JRC), Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Edi mengaku sudah mengalokasikan anggaran untuk pemasangan fasilitas internet on train tersebut. Hanya saja berapa investasinya, Edi masih belum bisa mengungkapkan mengingat masih dalam pembicaraan akhir. Menurutnya, saat ini fasilitas internet tersebut sudah menjadi keharusan mengingat perkembangan teknologi yang terus terjadi. Para pengguna kereta api saat ini sebagian besar sudah memiliki telepon genggam. “Dengan adanya WiFi, maka penumpang yang juga pebisnis bisa sambil kerja di dalam kereta,” tegasnya.

Beberapa kendala yang selama ini dihadapi PT KAI dalam implementasi WiFi adalah rangkaian set kereta (train set) masih putus sambung, artinya antar gerbong kerap dipindah atau ditukar-tukar. Semisal saat perbaikan, hanya satu gerbong yang dilepas. Pola ini menjadi menyulitkan dalam implementasi free WiFi.

Penempatan modul antena biasa disematkan di satu gerbong (kereta restorasi), dan saat antar gerbong dilepas atau diganti maka pengaturan kabel antar gerbong biasanya jadi bermasalah. Sebagai langkah perbaikan, beberapa KA kini sudah digelar dalam train set, artinya jika ada perbaikan (maintenance) maka ya harus dibawa satu train set tersebut, tidak lagi dilepas-lepas. Model train set sudah lumrah diadopsi di beberapa negara maju, seperti di kawasan Eropa.

Leave a Reply