Desa Pelangi, Ubah Wilayah Padat dan Kumuh Jadi Tujuan Wisata

0
Jalan setapak di desa pelangi Wonosari, Semarang (hindustantimes.com)

Desa pelangi semakin lama semakin banyak di jumpai di Tanah Air. Salah satu desa pelangi yang terkenal berada di Wonosari, Semarang, Jawa Tengah. Desa ini berada di lereng bukit dan tepat dilintasi sebuah sungai dibawahnya. Dilansir KabarPenumpang.com dari hindustantimes.com (19/6/2017), dulunya sebelum menjadi desa dengan warna pelangi, desa ini terkesan kumuh dan suram.

Baca juga: Eksplorasi Keindahan Pulau Pahawang dengan Pasir Putihnya

Apalagi air sungainya yang hitam dan penuh sampah. Sebanyak 200 rumah saat itu di makeover dan menghabiskan biaya sekitar $200 ribu untuk mengecat rumah dan melukis dengan berbagai gambar. Tak hanya itu sungai yang berada dekat desa ini pun dibersihkan, untuk menjadi desa pelangi, warga Wonosari, Semarang ini bekerja selama sebulan dari dana yang diberikan pemerintah dan beberapa perusahaan untuk membuat kampungnya lebih bagus dan terlihat menarik seperti sekarang ini.

Desa Pelangi,
Wonosari,
Semarang (hindustantimes.com)

Pertengahan April, desa ini setelah dibuka oleh Walikota setempat dikenal dengan “Desa Pelangi”. Bangunan-bangunan ini tak hanya di cat berbagai warna untuk menarik perhatian, gambar-gambar yang membantu mempercantik bangunan seperti sayap malaikat dan paus dapat terlihat dari jauh. Saat memasuki desa ini, jalan setapaknya pun dipenuhi gambar-gambar yang unik, sehingga perjalanan Anda tidak akan terasa bosan.

Baca juga: Pulau Miangas, Garda Terdepan Yang Eksotis di Utara Indonesia

Bukan hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi desa ini, wisatawan mancanegara pun banyak yang datang hanya untuk sekedar mengabadikan dirinya dan desa ini.

Kampoeng Pelangi (hindustantimes.com)

“Ini sangat istimewa, sangat kreatif. Desa biasanya terlihat polos tapi sekarang ada banyak tempat bagus untuk berfoto,” Maya Susanti, seorang pengunjung Indonesia.

Seorang tokoh masyarakat, Yosep Tri Prawoko mengatakaan, setiap gang telah menjadi tempat favorit pemotretan. Tak hanya wisatawan saja yang merasakan kebahagiaan, penduduk desa pelangi pun menikmati hasil keindahan ini. Dengan banyaknya pengunjung, membuat warga desa meletakkan tempat-tempat sampah agar desa pelangi tetap terlihat bersih.

Baca juga: Pulau Rote, Strategis Bagi Perbatasan, Inilah Keindahan di Ujung Selatan Indonesia

Sebenarnya, desa pelangi ini, mengikkuti cara desa di Meksiko yang memberi warna warni pada desanya. Tetapi ternyata di Indonesia tak hanya Wonosari, Semarang saja yang punya desa pelangi ada sembila desa lainnya yang memiliki desa pelangi yakni Desa Wisata Bejalen, Ambarawa, Kampung Warna-warni Code, Yogyakarta; Kampung Bulak, Kenjeran, Surabaya; Kampoeng Kelir Kroman, Gresik; Kampung Penas, Cipinang Selatan, Jakarta Timur; Kampung Wisata Jodipan, Malang; Kampung Wisata Lubuk Linggau, Sumatera Selatan; Kampung Wisata Teluk Seribu, Balikpapan, Kalimantan Timur dan Kampung Sungai Kalilo, Banyuwangi.

Leave a Reply