Tuesday, March 5, 2024
HomeDestinasiDesas - desus Akan Dikembalikan, Djoko Kendil Lakukan Uji Coba Lintas di...

Desas – desus Akan Dikembalikan, Djoko Kendil Lakukan Uji Coba Lintas di Kota Solo Sebelum Pengiriman

Djoko Kendil yang merupakan rangkaian kereta berbadan unik yang dijalankan sejak jaman perusahaan kereta api Staats Spoorwegen pada tahun 1938 hari ini (12/7) uji coba lintasan di kawasan Solo, Jawa Tengah. Uji coba ini bukan untuk kembali mengangkut penumpang, namun akan kembali dikirimkan ke wilayah Daop 1 Jakarta.

Baca juga: KA Djoko Kendil, Antara Tempo Doeloe dan Saat Ini

Isu berkembang ke jagad media sosial bahwa kereta Djoko Kendil ini rencananya akan di museumkan atau tidak digunakan lagi sebagai sarana kereta api wisata. Padahal dahulu sempat rencana akan dijadikan kereta api wisata. Rencana tersebut akan melintas dari Stasiun Purwosari sampai dengan Solo Kota pp. dengan lokomotif uap bernomor D14 10 yang sempat diresmikan pada 16 Februari 2020 lalu.

Saat ini uji coba lintas kereta Djoko Kendil menggunakan lokomotif CC 204 03 05 diberangkatkan dari Stasiun Solo Balapan pada pukul 14.00 melewati stasiun Kadipiro, Kalioso dan berakhir di Stasiun Salem pada pukul 14.30. Kemudian rangkaian diberangkatkan kembali dari Stasiun Salem pukul 14.50 dan berakhir di Stasiun Solo Balapan pada pukul 15.20. Belum diketahui kapan rangkaian tersebut akan dikirimkan ke wilayah Jakarta dan pukul berapa diberangkatkan dari Kota Solo. Yang pasti rangkaian KA Djoko Kendil ini akan kembali bertemu dengan “sang induk” yaitu lokomotif listrik dengan julukan Bon Bon yang saat ini masih belum ada pergerakan di Balai Yasa Manggarai.

Diketahui rangkaian kereta Djoko Kendil merupakan aset kereta api yang sangat langka mengingat kereta ini merupakan seri SS9000 pabrikan Beynes (Belanda) yang dulunya sebagai kereta api wisata rute Surabaya – Yogyakarta – Purwokerto – Jakarta dalam waktu 11 jam 27 menit. Dan memiliki interior mewah serta dilengkapi fasilitas tempat tidur dan pendingin udara pertama pada jamannya.

Baca juga: “Bon Bon,” Mengenal Legenda Lokomotif Listrik Pertama di Indonesia

Namun diusianya yang sangat tua, kereta – kereta seri SS9000 mulai terpinggirkan dan turun kelas menjadi kereta api penumpang kelas ekonomi dan kereta penolong. Saat ini kereta Djoko Kendil masih bertahan tetap memiliki 2 set, bernomor IW 38212 dan IW 38221 yang merupakan bbekas kereta penumpang bernomor K3 38201 untuk IW 38212 sedangkan kereta bernomor NRU 38201 untuk IW 38221. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru