Desiro ML Cityjet Eco, Kereta Bertenaga Baterai Elektro-Hybrid dari Siemens Mobility

(Railway Gazette)

Siemens Mobility baru saja mengembangkan kereta bertenaga baterai yang dirancang khusus untuk beroperasi di rute yang lebih pendek. Desiro ML Cityjet eco, kereta ini sendiri memiliki kemampuan untuk beroperasi pada jalur rel non-elektrifikasi dan dapat dilengkapi dengan penggerak baterai elektro-hybrid untuk pengoperasiannya. Kereta tersebut di desain dengan tiga gerbong yang diharapkan bisa mengurangi biaya operasional dan pemeliharannya.

Baca juga: PT KAI Tawarkan Autonomous Rapid Transit Untuk Atasi Kemacetan di Bandung

KabarPenumpang.com melansir dari laman railway-technology.com, Disero ML Cityjet eco adalah proyek percontohan untuk pengembangan kereta bertenaga baterai yang diluncurkan Siemens dengan Kereta Api Federal Austria (OBB). Ini merupakan bagian dari strategi pembaruan armada OBB tahun 2035 mendatang untuk mencapai nol traksi emisi di seluruh armadanya.

Pertama kali, prototipe kereta ramah lingkungan ini diperkenalkan saat pameran perdagangan internasional InnoTrans 2018 untuk teknologi transportasi yang diselenggarakan di Berlin, Jerman, pada bulan September 2018. Diperkirakan kereta tenaga baterai tersebut akan memasuki pelayanannya pada semester kedua tahun 2019 setelah menyelesaikan fase pengujian.

Dengan tiga gerbong dalam satu rangkaian kereta ini memiiliki panjang 75,15 meter dimana setiap gerbong dilengkapi dengan dua pintu untuk keluar dan masuk penumpang. Satu rangkaian kereta tersebut memiliki kapasitas maksimum 244 penumpang.

Kereta datang dengan beban gandar maksimum kurang dari 17t, termasuk paket baterai traksi. Didesain untuk beroperasi pada rel kereta berukuran standar dengan ukuran lintasan 1.435 mm, kereta memiliki ketinggian lantai 600 mm. Kereta api ini dibangun sesuai dengan standar kelayakan Spesifikasi Teknis untuk Interoperabilitas (TSI) dan EN 15227.

Kereta ini juga mematuhi standar perlindungan kebakaran tingkat 2 CEN / TS 45545 dan DIN 5510. Kereta eco CityJet dapat beroperasi di kedua rute yang dialiri arus listrik dan non-listrik. Ini sumber listrik dari saluran listrik di atas kepala untuk mengisi baterai on-board saat berjalan di trek listrik. Energi yang tersimpan dalam baterai akan digunakan untuk menyalakan kereta di rute non-listrik.

Gerbong kereta api didasarkan pada SF 6000 keluarga dari rolling stock yang ditawarkan oleh Siemens. Kompartemen penumpang dari eco Cityjet memiliki interior yang luas dan mengintegrasikan skema warna netral dan meja lipat. Kursi ergonomis yang dapat disesuaikan di setiap kompartemen dibuat khusus untuk memenuhi persyaratan penumpang.

Gerbong-gerbong pada kereta ini juga memiliki area khusus untuk transportasi sepeda dan ruang multi-fungsi untuk melakukan pertemuan bisnis. Fitur berkelanjutan dari kompartemen penumpang termasuk jendela besar untuk memungkinkan cahaya alami masuk ke interior, sistem pendingin udara yang dikontrol CO2, dan sistem pencahayaan LED yang bergantung siang hari.

Desiro ML Cityjet eco dilengkapi dengan baterai lithium-titanate berdasarkan teknologi linear tape-open (LTO). Baterai memiliki kapasitas retensi pengisian tinggi dan dapat diisi dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan baterai lithium-ion. Konsep termal khusus yang digunakan untuk wadah baterai menghindari dampak kondisi cuaca eksternal pada masa pakai baterai dan status pengisian daya dengan masa pakai baterai sekitar 15 tahun.

Baca juga: Enel Raksasa Energi Italia, Rencanakan Pemasangan Baterai 10 MW di Jaringan Kereta Rusia

Kereta rel tengah tersebut dilengkapi dengan unit traksi DEIRO ML, yang memiliki tiga paket baterai, sistem pendingin baterai, dua pengontrol DC / DC, dan sistem pendukung lainnya. Penggunaan baterai mengurangi emisi CO2 hingga 50 persen

Kereta, saat beroperasi dalam mode AC, membutuhkan pasokan daya listrik 15kV AC atau 25kV AC dan daya cengkeram 2.600 kW. Kapasitas baterai terpasang kereta api adalah 528kW per jam. The Desiro ML Cityjet eco dapat melakukan perjalanan pada kecepatan maksimum 140 km per jam pada trek elektrik.