Detroit Kedatangan Sepuluh Minivan Odyssey Guna Bantu Penanganan Pasien Covid-19

0
Minivan Odesseys dimodifikasi (automobilemag.com)

American Honda mengirim sepuluh minivan Odyssey ke kota Detroit pada 5 Mei 2020. Minivan ini masing-masing sudah dimodifikasi untuk memungkinkan transportasi yang aman bagi pasien virus corona atau Covid-19 yang potensial ke lokasi medis untuk di uji atau mendapat perawatan

Baca juga: 20 Unit Bus SMRT Singapura Dikonversi Jadi Ambulans

Minivan Odyssey tersebut di modifikasi oleh seorang insinyur di Raymond, Ohio untuk membuat sistem ventilasi agar tekanan udara antar kursi depan dan belakang berbeda. Dia juga membuat penghalang plastik di belakang kursi depan dengan tujuan untuk melindungi pengemudi dan staf medis dengan lebih baik dari penularan virus ini.

KabarPenumpang.com melansir laman automobilemag.com (5/5/2020), modifikasi minivan Odyssey ini karena pada bulan April 2020, insinyur Honda di Jepang merancang sistem untuk minivan pasar domestik yang akan digunakan untuk mengangkut pasien Covid-19 di daerah Tokyo. Adanya berita tentang minivan JDM Honda kemudian membuat pejabat kota Detroit menghubungi pembuat mobil, terkait potensi sistem yang sama di Amerika Serikat.

Keinginan pembuatan mobil yang sama juga karena pada hari Senin (4/5/2020), sebanyak 43.950 kasus Covid-19 dikonfirmasi dan mayoritas di wilayah Metro Detroit dan menjadikannya sebagai hotspot penyakit ini di Amerika Serikat. Para insinyur di Honda Research & Development di Ohio kemudian membawa modifikasi minivan Odyssey dari konsep awal ke penyelesaian dalam waktu kurang dari dua Minggu.

Pasar Amerika Utara Honda Odyssey adalah model minivan yang lebih besar dibandingkan minivan JDM yang digunakan di Tokyo.

“Kami ingin membantu, tapi desainnya khusus untuk JDM Odysseys, jadi tidak bisa langsung diterapkan pada model domestik kami. Secara harafiah pada hari berikutnya teknisi Amerika Serikat kami berbicara dengan  rekan-rekan mereka di Jepang dan mulai mengerjakan desain spek Amerika Serikat dengan pabrik kami di Alabama,” ujar Matt Sloustcher Head of PR American Honda di akun Twitternya.

“Kami sangat bangga menjadi bagian kecil dari proyek tersebut. Hal ini terjadi karena beberapa orang tidak akan luas dengan  maaf itu tidak bisa di lakukan dan tekad untuk membantu. Mulai hari ini semoga membantu perbedaan kecil di Detroit,” tambahnya.

Diketahui, Honda bergabung dengan produsen mobi llain dalam membantu di pandemi ini di mana membuat sebagian besar produksi kendaraan global terhenti selama beberapa Minggu.

Baca juga: Kapal Penumpang di Swedia Dikonversi jadi Rumah Sakit

Ford diketahui menggunakan beberapa fasilitasnya untuk memproduksi ventilator medis, masker, pelindung wajah, pakaian keselamatan dan peralatan lainnya seperti yang dilakukan General Motors.

Leave a Reply