Di 2027, Jerman Bakal Operasikan Jalur Trem Terpanjang di Tanah Bavaria

0
Sumber: railforthevalley.com

Pada akhir bulan Juni kemarin, sebuah kontrak yang berisikan perencanaan terperinci soal pembangunan jalur trem Stadt-Umland-Bahn Nuremberg baru saja disetujui oleh sejumlah otoritas terkait. Digadang-gadang, ini akan menjadi jalur Light Rail terpanjang yang ada di Jerman – yaitu dengan jarak 25 km. Dana yang dikeluarkan untuk jalur ini pun tidak sedikit, yaitu €300 juta atau yang setara dengan Rp5,16 triliun.

Baca Juga: Sematkan Sistem Peringatan Kecelakaan Dini, Inilah Trem Avenio M dari Siemens

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railjournal.com (31/7/2018), sebuah organisasi perencanaan khusus sengaja dibangun pada Maret 2016 kemarin guna melancarkan proyek Light Rail ini. Adapun tugas dari organisasi ini adalah untuk mempertemukan otoritas lokal yang ada di Erlangen, Herzogenaurach dan Nuremberg guna melanjutkan kontrak tersebut kepada konsorsium konsultan spesialis – yaitu, Gauff Rail Engineering, Rambøll dan Obermeyer Planen & Beraten.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata calon jalur trem terpanjang ini merupakan perpanjangan dari jaringan trem yang sebelumnya sudah ada di Nuremberg. Tepatnya, jalur ini akan mulai dibangun di jalur 4 Terminal Am Wegfeld yang kini melayani perjalanan dari kota Erlangen menuju Herzogenaurach PP yang berada di sebelah barat laut Nuremberg.

Semisal berhasil, maka izin perencanaan pembangunan akan dirilis pada tahun 2021 dan kontraktor dapat mulai membangun dua tahun berselang setelah izin dikantongi. Jika tidak dideru kendala yang berarti, lamanya pembangunan ini akan menelan waktu sekitar 4 tahun atau baru dapat beroperasi pada tahun 2027 mendatang.

Kelak, rute trem terpanjang di tanah Bavaria ini diharapkan dapat dioperasikan oleh operator trem Nuremberg, VAG.

Dikutip dari sumber lain, angka pembangunan yang sudah disebutkan di atas ternyata belum termasuk pengadaan moda dan pembangunan depo pemeliharaan. Semisal diakumulasi secara keseluruhan (termasuk pengadaan moda dan pembanguan depo), maka biayanya bisa membengkak dua kali lipat.

Baca Juga: Trem di Melbourne, Jaringan Terpanjang di Dunia dan Jadi Ikon Kota

Namun itu semua tidaklah jadi masalah mengingat lebih banyaknya daerah yang bisa saling terkoneksi dengan hadirnya jalur baru ini kelak. Tidak menutup kemungkinan juga daerah-daerah yang baru terkoneksi jaringan trem ini akan semakin berkembang.

Rencananya, jaringan baru ini akan mengular di area seputaran stasiun lama di kota Herzogenaurach, tapi menggunakan penyelarasan yang serba baru dan akan mengular menuju pusat kota Erlangen via jalur Erlangen – Büchenbach.

 

Leave a Reply