Di Bandara Soetta – Perut Lapar Tapi Budget Ngepas, Yuk Makan di Sini!

0
Kantin karyawan Bandara Soetta (Kumparan)

Meski ukuran mahal untuk setiap orang tidak sama, namun sebagian orang beranggapan makan di restoran bandara terbilang mahal, khususnya di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Mungkin wajar disebut mahal, lantaran pengenaan pajak restoran dan gerai kelontong di bandara juga dipatok lebih tinggi. Lantas bagaimana dengan Anda yang mungkin ber-budget pas-pasan, apakah masih bisa menikmati panganan yang murah, enak dan bersih di Bandara Soetta?

Baca juga: Wow! Bandara-Bandara Ini Memiliki Restoran Bintang 5 di Dalamnya

Jawabannya tentu pasti bisa, seperti halnya bandara-bandara lainnya, di Bandara Soetta memiliki kantin karyawan dengan harga makanan jauh lebih murah dari gerai yang ada di dalam bandara. Bandara Soetta memiliki kantin yang letaknya di Terminal 1, Terminal 2 D dan F serta di Terminal 3. Bila saat Anda berangkat dengan jadwal pagi dan tidak membawa sarapan, bisa makan di areal kantin-kantin tersebut yang buka selama 24 jam.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai sumber, di Terminal 1 tepatnya di tengah parkiran mobil ada yang namanya Joglo. Karena memang berbentuk joglo tempat makan ini terbilang jauh lebih murah dari di restoran dalam bandara. Bisa dikatakan untuk makan di kantin ini Anda dengan budget pas-pasan bisa makan kenyang kurang dari Rp20 ribu.

Sementara di Terminal 2 untuk cari makan murah, para penumpang yang menunggu pesawat bisa menuju parkiran motor. Mungkin bila tidak lapar bisa ngopi atau sekedar minum teh sembari berbincang dan menunggu keberangkatan. Di kantin-kantin ini juga, karyawan bandara sering berkumpul untuk makan.

Bagi para karyawan kebanyakan, makan di kantin ini bukan lantaran bosan dengan makanan ada di dalam bandara, melainkan para karyawan bandara pun memiliki gaji yang sama dengan pekerja lainnya sehingga adanya kantin dapat menghemat pengeluaran. Sebagai bandara internasional, dan Terminal 3 sebagai keberangkatan penumpang internasional, juga ada tempat makan murah alias kantin karyawannya.

Kantin Terminal 3 berada agak sedikit kepelosok, berada tak jauh dari pagar pembatas dan dekat taman disitu terlihat bangunan yang lengkap dengan meja serta kursinya. Tempatnya cukup nyaman dan besar, makanan yang dijual pun seperti warteg, warung padang, warung soto dan penjual minuman. Harga jual makanannya pun sama seperti saat Anda berada di pinggir jalan atau sekedar mampir di warteg.

Nasi dengan soto ayam dihargai sekitar Rp13 ribu, sedangkan nasi yang dijual di warteg dengan berbagai pilihan lauk pauknya paling mahal Rp18 ribuan. Untuk air mineral pun cukup terjangkau dengan botol standar 600ml dihargai Rp5 ribu, lebih murah bila dibadingkan membeli di mesin otomatis dengan mengeluarkan kocek Rp10 ribu dan di dalam bandara Rp18 ribu.

Tak ayal saat makan masakan Padang pun dihargai paling mahal Rp20 ribu. Bukan hanya makan murah, saat makan di kantin karyawan ini pun Anda akan merasakan kenyamanan dan kebersihan tempat ini walaupun sedikit jauh untuk berjalan.

Baca juga: Saking Nyamannya, 9 Bandara Ini Buat Penunjungnya Lupa Pulang

Uniknya, di kantin-kantin karyawan, bukan hanya karyawan bandara dan penumpang lokal, tetapi juga terlihat pelancong (backpacker) mancanegara ikut makan di kantin ini. Mereka menikmati makanan murah tanpa harus merogoh kocek yang dalam seperti makan di restoran. Terkadang pun Anda yang memang berada di parkiran sering melihat para penjual kopi, pop mie ataupun gorengan dengan pecel sayuran yang bisa di beli di tengah-tengah area parkir. Harga kopi yang dijual pedagang keliling ini dengan harga nongkrong di coffee shop dalam bandara dengan jarak perbedaan harga bisa Rp30 ribuan.

Sayangnya jalur untuk menuju area kantin tidak akrab bagi Anda yang membawa koper dengan roda. Tapi ada solusi lain, bagi Anda yang malas untuk jalan ke kantin, setiap terminal di bandara juga ada ritel baik Indomaret ataupun Alfamart yang juga menyediakan makanan beku di panaskan atau mie instan lengkap dengan air panasnya. Makan beku ini pun di jual dengan harga tak sampai Rp20 ribu, sehingga bisa dikatakan cukup untuk kocek kantong dengan budget rendah.

Leave a Reply