Di India, Layanan WiFi Gratis di Kereta Juga Dapat Dinikmati oleh Warga Sekitar

Ilustrasi wifi gratis di stasiun India

Siapa sih yang tidak suka dengan WiFi gratis? Sepertinya hampir semua orang menyukai hal itu, apalagi jika berselancar di media sosial tanpa harus membuang kuota sendiri dan mengandalkan yang free dengan kualitas koneksi bagus.

Baca juga: Setelah Hadir di 200 Stasiun, Google Station Perluas Jaringan di Seluruh India

Layaknya generasi masa kini yang tak bisa hidup tanpa kuota internet alias seperti makan sayur tanpa garam. KabarPenumpang.com melansir dari laman timesofindia.indiatimes.com (31/3/2018), akhir bulan Maret 2018 kemarin, stasiun Nashik Road meluncurkan layanan WiFi gratis untuk penumpangnya.

Namun layanan WiFi gratis ini tidak datang sebagai anugerah bagi penumpang kereta saja, melainkan bagi sebagian penduduk kota tersebut, khususnya yang berada di sekitaran lintasan rel kereta. Bagi penduduk yang menyeberang dari sisi Nashik ke sisi Sinnar bisa mengakses WiFi gratis ini dari dua ujung jembatan pemisah kota tersebut.

WiFi gratis ini bisa digunakan selama 30 menit untuk berselancar di media sosial dan hanya bagi satu nomor kartu. Kemudian setelah itu pengguna WiFi gratis ini hanya bisa digunakan untuk mengakses situs web yang terkait dengan informasi kereta api.

“Sekarang saya dapat mengakses internet dan menggunakan salah satu dari tiga nomor yang saya miliki. Tiga puluh menit sudah cukup untuk saya mengunduh film berukuran kecil bahkan lagu,” ujar Rajesh Patil seorang warga Nashik Road.

Rafiq Shaikh, petugas kereta api di Stasiun Nashik mengatakan, di platform 4 juga memiliki WiFi yang tidak terbatas dan bagi penumpang yang masuk dari bagain Sinnar juga bisa menggunakan layanan tersebut dengan mudah. “Kami telah menggunakan WiFi di stasiun Nashik Road sejak Rabu (28/3/2018)”.

Seorang warga Kalyan dan pelancong yang biasa pergi ke Nashik, Manisha Khot mengatakan, hal ini adalah langka yang baik. Menurutnya pengadaan WiFi gratis tersebut seharusnya sudah dimulai lebih awal. Sebab banyak stasiun yang sudah memasang fasilitas WiFi gratis.

“WiFi sangat berguna bagi para penumpag yang menunggu kereta api. Saat bepergian, penting untuk tetap berhubungan dengan kerabat dan teman-teman serta mengakses informasi. Sekarang kami memiliki konektivitas yang meyakinkan di stasiun Nashik Road,” jelas Khot.

Baca juga: Setelah India, Google Station Siap Tebar Free WiFi Gratis di Indonesia

Tak hanya itu, seorang penumpang lain, Kripal Narayan mengatakan, dengan adanya WiFi gratis ini, layanan lainnya di stasiun kereta pai harus meningkat. Selain itu jadwal kereta bisa dipastikan tepat waktu.