Di Kanada Uber Jadi Transportasi Umum Dengan Trayek Khusus

http://newatlas.com

Uber dikenal sebagai layanan transportasi online yang tidak terjadwal dan tentunya tidak mengenal kata ‘trayek.’ Sebagai dampaknya, Uber dilapangan langsung berhadapan dengan layanan taksi konvensional yang berbasis argo. Namun mungkinkah bila Uber disulap sebagai angkutan umum berbasis trayek, mirip dengan trayek atau jurusan laksana bus kota.

Meski masih berstatus eksperimen, Uber di kota Innisfil, Provinsi Ontario, Kanada, tengah mengembangkan Uber sebagai angkutan kota dengan trayek. Wujudnya tak ada beda dengan kendaraan Uber pada umumnya, namun bedanya operasional Uber disini mendapat biaya subsidi dari pemerintah kota. Uji coba telah dilakukan pada 15 Mei 2017 lalu di Innisfil yang berpenduduk 36 ribu jawa, dan hingga awal Agustus sudah mencapai 5.000 trip yang berhasil ditempuh.

Baca juga: Aplikasi Uber di Amerika Serikat Bakal Dilengkapi Fitur Tip

Memang tidak sembarang trayek yang ditawarkan, utamanya menyasar kawasan pemukiman ke tujuan pusat kota atau stasiun. Dengan armada sekitar 4.869 kendaraan, Uber hanya menagihkan ongkos $5,43 per perjalanan yang dilakukan. Penasihat Kebijakan Senior kota Innisfil, Paul Pentikainen mengatakan, pihaknya sangat senang bisa menggunakan Uber di dalam rute kotanya.

“Kemitraan dengan Uber ini pasti terbukti jauh lebih hemat biaya bagi kami, karena bisa memberikan tingkat pelayanan lebih kepada warga kami. Anda tidak perlu jauh berjalan kaki untuk halte bus atau rute bus, jadi ini adalah sesuatu yang sesuai untuk kita,” ujar Pentikainen yang dikutip KabarPenumpang.com dari financialpost.com (8/7/2017).

Musim panas yang lalu, dewan kota Innisil membuat pilihan transportasi tambahan di wilayah ini dan dinyatakan sebagai prioritas utama dalam rencana strategis masyarakat. Dari paparan Dewan Kota, diketahui bahwa biaya operasional moda angkutan bus terlalu mahal untuk meng-cover wilayah kota yang luas (262.71 km2). Sebagai informasi, biaya operasional untuk satu bus pertahunnya mencapai $270 ribu dan untuk dua bus bisa hingga $610 ribu.

Karena biaya operasional yang dianggap mahal, maka dewan kota memutuskan untuk bermitra dengan Uber Ride Global. Dalam kerjasama ini, Uber menyediakan layanan transit yang dilakukan bila ada permintaan kepada penduduk Innisfil dan sebagian biaya disubsidi oleh pemerintah kota.

Baca juga: Uber Punya Fitur Peringkat Untuk Pengguna dari Pengemudi

Kerjasama dengan subsidi ini membuat masyarakat yang menumpang Uber akan membayar ongkos antara $3 hingga $5 dari rute Balai Kota menuju stasiun kereta Go dan membayar $5 untuk ketempat lainnya di dalam kota Innisfil tersebut.

Pentikainen dan Tim Cane, Manajer Perencanaan Kota Innisfil akan memberi dewan kota update dua bulan mengenai proyek percontohan. Sejauh ini, permintaan sejalan dengan anggaran proyek. Dewan Innisfil berkomitmen untuk menggeontorkan dana $100 ribu untuk enam sampai sembilan bulan pertama, dan tambahan $125 ribu untuk tahun depan.

Dalam menjalankan kemitraan ini, memang ada waktu-waktu tertentu yang menjadi masalah dan ini bisa saja terjadi sepanjang waktu. Tetapi masalah ini bisa diatasi dengan komitmen kerjasama yang baik. “Sebagai layanan 24/7, kami cukup senang, sebab menggunakan Uber sebagai pilihan angkutan umum on-demand tampaknya menjadi pilihan terbaik bagi kota ini di masa mendatang. Dengan geografi besar kami, jarak antar permukiman, mendapatkan rute bus untuk memberikan tingkat pelayanan yang sama akan terlalu mahal. Mungkin puluhan tahun ke depan ketika kita memiliki populasi yang jauh lebih tinggi, kita bisa melihat pilihan lain,”jelas Pentikainen.

Pentikainen menambahkan, dalam jangka pendek, kota ini akan mencari cara untuk mengkritisi layanan transportasi agar lebih efisien dan nyaman bagi pengguna, serta mensurvei warga tentang sistem Uber. Juru bicara Uber Susie Heath mengatakan perusahaan senang dengan hasil laporan yang dirilis pada Selasa (8/8/2017) kemarin dan akan di laporkan serta dipresentasikan pada hari ini (9/8/2017).

Baca juga: Selangkah Lagi, Uber Akan Operasikan Taksi Udara

“Sejak kami meluncurkan kemitraan angkutan umum yang menarik ini di bulan Mei, sangat menyenangkan melihat penduduk Innisfil mengakses wahana on-demand yang terjangkau untuk berkeliling komunitas mereka dan terhubung dengan pusat transit lokal. Kami berharap dapat melanjutkan dialog dengan yurisdiksi lain dan otoritas transit di Kanada untuk menjajaki kemitraan serupa,” kata Susie Heath, Juru bicara Uber Susie Heath dalam sebuah pernyataan lewat email.