Di Korea Selatan, Bangunkan Penumpang di KRL Bisa Dapat Kopi Gratis!

Sumber: adage.com

Dinginnya udara pagi yang menusuk tulang tidak menyurutkan niat para pegawai kantoran yang memutuskan untuk menggunakan jasa transportasi umum seperti KRL Jabodetabek sebagai sarana mobilisasi mereka. Selain harus berdesak-desakan dengan penumpang lainnya, tantangan yang harus dihadapi oleh para komuter ini adalah rasa kantuk!

Baca Juga: Pyka, Aplikasi Unik Untuk Penumpang Yang Sering Ketiduran di Kereta

Ya, tidak sedikit kita melihat banyak penumpang yang terlelap selama perjalanan karena rasa kantuk yang menggelayuti. Bahkan tidak jarang para komuter yang terlelap ini ketinggalan pemberhentian merek karena teralu nyenyak.

Walaupun di hampir semua armada KRL Jabodetabek sudah menggunakan teknologi pengeras suara yang akan mengumumkan pemberhentian selanjutnya, namun tidak jarang para komuter yang terlelap ini ketinggalan pemberhentian mereka karena teralu nyenyak.

Berbeda dengan yang ditempuh oleh perkeretaapian India, dimana negara penghasil film Bollywood tersebut pernah menelurkan sebuah terobosan berupa teknologi reminder yang akan mengingatkan penumpang jika sudah hampir sampai stasiun tujuan via telepon genggam mereka. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi penumpang yang ketinggalan stasiun pemberhentian mereka.

Lain India, lain Indonesia, lain pula jalan yang ditempuh oleh Negeri Ginseng, Korea Selatan. Demi mengentaskan permasalahan ini, salah satu merk burger kenamaan dunia, Burger King mengadakan kampanye yang merupakan bentuk kerja sama mereka dengan sebuah perusahaan pemasaran di bawah Grup Samsung, yaitu Cheil Worldwide.

Dalam kampanye ini, pihak Burger King membagi-bagikan masker penutup mata yang dilengkapi dengan tulisan, “Tolong bangunkan saya di stasiun (nama stasiun tujuan)” secara gratis kepada para calon penumpang. Dengan begitu, si penerima masker penutup mata tersebut dapat beristirahat sejenak selama perjalanan menuju stasiun tujuan.Jika sudah hampir tiba, penumpang lain yang membaca tulisan di masker penutup mata tersebut secara spontan akan membangunkan si penumpang, dan ia tidak akan ketinggalan pemberhentiannya lagi.

Kupon Tersembunyi di Balik Masker Penutup Mata Burger King. Sumber: adobomagazine.com

Tidak berhenti sampai di situ, dalam masker penutup mata tersebut, pihak Burger King juga sudah menyelipkan dua buah kupon yang dapat ditukarkan dengan kopi khas Burger King di lebih dari 200 gerai yang tersebar di Negara penghasil musik K-Pop tersebut. Penumpang yang membangunkan si pengguna masker berhak menerima satu kupon berkat aksinya tersebut.

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman adage.com (22/4/2015), pihak Burger King meminta bantuan kepada Cheil Worldwide untuk meningkatkan pangsa pasarnya, khususnya di pagi hari. “Burger King sudah mendunia dengan produk burgernya, kini perusahaan tersebut ingin mempromosikan kopinya,” ungkap Art Director Cheil Worldwide, Hyungkyun Oh.

Baca Juga: Jadi Ajang Kampanye Produk, Pegangan Tangan di Angkutan Umum Dibuat Unik

Berangkat dari situ, lahirlah sebuah kampanye bertajuk “Breakfast Like a King” yang sekaligus mempromosikan produk kopi terbaru mereka, King Americano. Adapun kampanye ini berlangsung sejak 23 Februari hingga 15 April 2015 silam. Tidak sia-sia, peningkatan penjualan Burger King di pagi hari meningkat 18,7% seiring dengan berjalannya kampanye tersebut. Di media sosial pun, pamor kampanye nyentrik ini meningkat sebanyak 44,5% pada periode yang sama.

Nampaknya, ini bisa menjadi benchmark bagi pengusaha di Indonesia yang hendak mempromosikan produk barunya kepada khalayak ramai. Contoh nyata yang diterapkan oleh Burger King tiga tahun silam membuktikan bahwa semua aspek bisa saling terkoneksi selama semuanya dikemas dengan ide nyeleneh nan unik!