Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsDi Tengah Sanksi, Aeroflot (Rusia) Terpaksa Kirim Pesawat ke Iran untuk Perbaikan

Di Tengah Sanksi, Aeroflot (Rusia) Terpaksa Kirim Pesawat ke Iran untuk Perbaikan

Di tengah sanksi Barat yang melarang tidak hanya penerbangan ke dan dari Rusia tetapi juga perawatan pesawat milik maskapai Rusia, maka maskapai terbesar Rusia Aeroflot terpaksa mengirim salah satu Airbus A330-300 miliknya ke Iran untuk dilakukan perbaikan.
Hal tersebut diwartakan The Moscow Times – themoscowtimes (11/4/2023), Ini adalah pertama kalinya sebuah pesawat dari maskapai penerbangan Rusia mengirim pesawatnya ke Iran untuk diperbaiki. Menurut kabar, pekerjaan pemeliharaan akan dilakukan atas A330-300 Aeroflot akan dilakukan oleh maskapai penerbangan Iran Mahan Air. A330-300 Aeroflot dilaporkan tiba di Teheran, Iran  pada 5 April 2023.
Aeroflot mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengirim salah satu pesawatnya ke Iran untuk perawatan, dan menekankan bahwa Mahan Air memiliki peralatan dan fasilitas yang diperlukan, sertifikat dan pengalaman yang luas untuk pekerjaan itu, Aeroflot mengharapkan perawatan dapat dilakukan pada kualitas tingkat tinggi.
Menyusul invasi Rusia ke Ukraina Februari lalu, Uni Eropa dan Amerika Serikat sama-sama memberlakukan sanksi terhadap industri penerbangan Rusia — melarang pesawat Rusia dari wilayah udara mereka serta melarang penjualan suku cadang, memelihara dan mengasuransikan pesawat yang digunakan oleh maskapai Rusia dan membutuhkan sewa perusahaan untuk mengakhiri semua sewa pesawat ke operator Rusia.
Aturan dan sanksi ketat terseut membuat maskapai penerbangan Rusia tidak punya banyak pilihan selain mulai mengkanibal pesawat yang di-grounded untuk suku cadang.
Pada Juli 2022, Rusia menandatangani perjanjian dengan Iran, yang telah dikenai sanksi internasional selama bertahun-tahun, untuk penyediaan peralatan dan suku cadang untuk industri penerbangan Rusia, serta untuk perbaikan dan pemeliharaan pesawat Rusia.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru