Di Zaman Koboy, Kursi Depan Penumpang Disebut “Shotgun”

0
(Reader's Digest)

Shotgun atau senapan ternyata bukan hanya alat untuk menembak tetapi juga digunakan sebagai sebutan kursi bagian depan mobil tepat disebelah pengemudi. Bahkan sebutan ini tidak terbantahkan dan diterima secara universal dengan tradisi yang kini dihormati.

Baca juga: Nissan Hadirkan Jaringan 5G, Teknologi AR dan VR Untuk Penumpang Mini Bus

Tak hanya itu, ada situs web terkait aturan shotgun yang ditujukan untuk hal-hal kecil tentang cara ‘memanggil’ senapan dengan benar. Dirangkum KabarPenumpang.com dari mentalfloss.com, apakah ada alasan menyebut shotgun untuk kursi depan tersebut? lalu kenapa harus senapan?

(Quora)

Jika ada yang menebak asal usulnya dari Barat Lama, mungkin ini benar jika merunut kembali ke tahun 1880-an dan 1890-an ketika bank seperti Wells Fargo perlu mengangkut uang tunai atau barang-barang berharga melintasi dataran dengan kereta kuda, mereka membutuhkan seseorang untuk melindungi semua barang jarahan dari pencuri.

Hal ini membuat mereka menyewa pria yang tampak menakutkan yang disebut “pembawa senapan,” yang tugasnya hanya tampak mengancam dan, jika perlu, membunuh siapa saja yang mencoba menjarah pengiriman mereka.

“Dia umumnya duduk di sebelah kanan pengemudi karena, dengan anggapan dia tangan kanan, akan lebih mudah untuk menangani senjata,” kata W.C. Jameson, penulis beberapa buku terlaris tentang Barat Lama, seperti Billy the Kid: Beyond the Grave.

Tapi inilah bagian yang menarik dimana utusan senapan, dan mereka yang menulis tentang mereka, tidak pernah menggunakan istilah “mengendarai senapan.” Ungkapan khusus itu tidak muncul sampai kemudian, ironisnya jauh melewati titik ketika “mengendarai senapan” adalah pekerjaan aktual yang dibayar oleh koboi untuk melakukan.

Referensi paling awal yang diketahui adalah di sebuah surat kabar di Utah, the Ogden Examiner, yang menerbitkan sebuah cerita pada tahun 1919 dengan tajuk “Ross Will Again Ride Shotgun on Old Stage Coach” —Ross menjadi A.Y. Ross, seorang pembawa pesan tua yang terkenal dengan reputasi sebagai seorang badass, yang pernah membawa lima perampok kereta api sendirian, menembak mereka dalam hujan peluru untuk berhasil mempertahankan $80.000 dalam bunion emas. Seperti yang kami katakan, seorang badass.

“Naik senapan” sebagai ungkapan yang digunakan koboi, meskipun sebenarnya tidak, menjadi kiasan populer dalam film fiksi Barat dan koboi dari abad ke-20, yang paling berkesan adalah Stagecoach klasik John Wayne 1939, di mana Marshal Curly Wilcox (diperankan oleh George Bancroft) menyatakan, “Saya akan pergi ke Lordsburg bersama Buck. Saya akan naik senapan. ”

Jadi bagaimana ketika Anda beralih dari pembawa senapan dengan senjata asli yang tidak pernah mengatakan “mengendarai senapan,” menjadi aktor film dalam topi koboi yang mengacungkan senjata palsu yang mengatakan “mengendarai senapan,” menjadi penumpang mobil modern tanpa senjata (kami berharap) bersaing dengan ” naik senapan”?

Bahkan hingga kini tidak ada yang tahu pasti di mana dan kapan “senapan” pertama kali berteriak untuk mengklaim kursi penumpang, atau bagaimana itu berkembang menjadi hobi nasional yang tak terucapkan. Tetapi kita tahu bahwa pada tahun 1980, itu adalah frasa yang cukup umum bahwa The (London) Times menggunakannya dalam sebuah cerita tanpa penjelasan, menulis, “Secara kebetulan The Times menemukan dirinya mengendarai senapan untuk Tentara Merah.”

Baca juga: Di Telkomsel IIMS 2019, Toyota Hiace Luxury Commuter Type Q Siap Manjakan Penumpangnya

Bisa dikatakan kini jika mengatakan senapan berarti Anda meniru aktor yang menggunakan idiom yang tidak akurat secara historis dari Barat Lama. Meskipun aturan berbeda-beda dari satu daerah ke daerah lain, sudah umum diterima bahwa memanggil senapan hanya diperhitungkan ketika dipanggil di luar, dan dalam pandangan, dari sebuah mobil.

Leave a Reply