Dianggap Lumrah, Burung Elang Masuk di Kabin Pesawat Maskapai Timur Tengah

(Fox News)

Membawa hewan untuk dukungan emosional sah-sah saja bila memang dibutuhkan dan memiliki keterangan yang jelas dalam sebuah penerbangan. Namun bagaimana jadinya jika hewan dukungan emosional tersebut merupakan burung elang yang kerap kali dikatakan sebagai burung pemangsa atau predator?

Baca juga: Burung Merak, Ikon Pendukung Emosi Ini Dilarang Masuk dalam Penerbangan

KabarPenumpang.com melansir dari laman foxnews.com (1/4/2019), di sebuah penerbangan dua orang pria membawa tiga ekor burung elang bersama mereka. Kedua pria itu membawa burung elang sembari berjalan menyusuri lorong kabin untuk mencari kursi mereka.

Ini membuat mata penumpang lain tertuju kepada mereka berdua dan memandang hal itu dengan bingung. Pria pertama membawa satu burung elang ditangannya dan pria lainnya membawa dua ekor elang.

Seorang pnumpang bernama Donnie mentweet dengan caption, “Orang-orang mulai berpindah dari tempat duduk untuk menjauh dari mereka. Saya hanya mengajukan diri untuk duduk dekat dengan mereka. Mereka membuat saya aman.”

“Post Flight Thoughts: Akan naik dengan seluruh pesawat penuh elang jika diberi kesempatan. Saya melihat seorang anak berusia enam tahun mencoba menyentuh seekor elang, tetapi tidak melihat elang-elang itu mencoba menyentuh anak-anak berusia enam tahun. Berperilaku sangat baik,” ujarnya lagi dalam ciutan di akun Twitter @DonnieDoesWorld.

Video kedua pria membawa tiga ekor elang tersebut diunggah bersamaan dengan tulisan itu pada 29 Maret 2019 kemarin. Video ini sudah dilihat lebih dari 1,95 juta dan 37 ribu suka dari warganet yang melihatnya. Meski sebagai hewan dukungan emosional, ternyata ada hal yang menarik yakni, burung elang yang bepergian dengan pesawat adalah hal yang lumrah dalam penerbangan maskapai dari negara-negara Teluk seperti Etihad dan Qatar Airways.

Di Qatar sendiri mengoleksi burung elang dianggap sebuah hobi nasional. Pasalnya Unesco bahkan menetapkan elang ke dalam daftar warisan Budaya Takbenda warisan manusia untuk budaya Timur Tengah. Maskapai Qatar Airways sendiri memungkinkan penumpang ekonomi untuk membawa seekor elang didalam kabin.

Tetapi batas maksimal adalah enam ekor elang yang diizinkan dibawa dalam kabin ekonomi untuk satu pesawat dalam sekali penerbangan. Membawa elang sendiri termasuk dalam hitungan bagasi dengan kelebihan biaya bagasi sebesar antara $115 hingga $630 untuk hak istimewa tersebut.

Di Etihad, penumpang ekonomi dapat membawa satu elang ketika mereka membayar tiga kali lipat dari kelebihan tarif bagasi normal. Punya lebih dari satu? Anda dapat mengambil elang ekstra saat membeli kursi tambahan atau penumpang kelas bisnis dapat mengambil dua (sekali lagi membayar tiga kali lipat tarif bagasi per burung).

Baca juga: Bebek Ini Bantu Atasi Stress Pasca Trauma

Pada tahun 2017, seorang “pangeran Saudi” menjadi berita utama setelah sebuah foto diunggah ke Reddit yang memperlihatkan sebuah kabin pesawat yang penuh dengan burung mangsa berkerudung. Itu diposting dengan caption, “Teman kapten saya mengirimi saya foto ini. Pangeran Saudi membeli tiket seharga 80 elang. ”Tidak jelas maskapai mana yang ditawari elang.