Didera Sinus Saat Berada di Pesawat? Ambil Langkah Ini Agar Derita Tak Bertambah

0

Sinusitis salah satu penyakit yang mengganggu pernafasan dimana sering mengganggu saat dalam kondisi udara terlalu rendah suhunya. Sebagai penumpang pesawat dan memiliki sinus, Anda harus bisa menghindari masalah-masalah ini untuk menikmati perjalanan menuju tujuan.

Baca juga: Selain Banyak Minum, Dehidrasi di Pesawat Bisa Dicegah dengan Cara Ini

KabarPenumpang.com merangkum dari laman careworkshealth.com, sinus bisa terjadi saat tekanan rendah, udara kering, berkurangnya oksigen sehingga menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh dan sinus meradang. Masalah lainnya adalah ruangan yang terbatas dan Anda harus duduk dalam jangku waktu lama, aliran udara yang terbatas membuat Anda tidak bisa melepaskan diri dari penumpang sebelah Anda yang sakit.

Berikut ini, ada bebeberapa hal yang bisa membuat sinus Anda tidak kambuh saat berada di pesawat.

1. Terhidrasi dengan baik adalah kunci
Beberapa penumpang yang memiliki masalah sama, menyarankan untuk minum lima sampai delapan gelas sebelum terbang. Tak hanya itu, saat di pesawat juga, Anda disarankan untuk minum untuk membantu terhidrasi dan sinus tidak kambuh. Hindari kafein dan alkohol karena menyebabkan dehidrasi pada tingkat tinggi. Jika bisa, minumlah teh herbal panas yang bisa di coba terutama untuk dengan menghirup uapnya agar tetap lembab. Terakhir Anda bisa gunakan larutan air garam untuk membasuh hidung sebelum dan sesudah terbang untuk membunuh alergen, patogen jamur dan virus.

2. Kurangi tekanan
Jika Anda terbang dan mengalami gejala sinus, maka boleh jadi perjalanan akan terasa berat. Perubahan tekanan ini bisa sangat menyakitkan apalagi sinus berdarah. Beberapa dari Anda biasanya mengalami kesulitan saat berada dalam tekanan yang berbeda. Baiknya gunakan semprotan dekogestan sekitar dua jam sebelum lepas landas. Ini bisa mengurangi peradangan terutama jika sudah merasa sesak. Atau Anda bisa gunakan teknik valsalva dimana dengan menggunakan jempol dan telunjuk untuk menahan hidung tertutup saat menekan hidung seperti meniup balon. Kemudian hirup hidung Anda dengan lembut, bisa dilakukan beberapa kali dalam satu jam dan tekanan tertahan.

Baca juga: Sering Sakit Saat Turun Pesawat? Mungkin Ini Penyebabnya!

3. Makanan yang mengurangi peradangan
Berikut kenali makanan yang bisa mengurangi peradangan sinus yakni Omega 3, kacang-kacangan dan telur. Tart dengan ceri, buah beri, apel, pir, alpukat, tomat, brokoli, dan sayuran hijau. Selain itu makanan dengan bumbu kunyit, jahe, kemangi atau cabe rawit bisa membantu mengurangi peradangan. Anda juga bisa mencoba mengonsumsi suplemen herbal yang dikkenal sebagai penguat kekelan tubuh. Enchinacae, elderberry, beta-glukan atau gingseng dapat membantu menjaga sistem keekebalan tubuh Anda tetap kuat saat terbang.

Leave a Reply