Diklaim Bantu Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, Ternyata Ride Hailing Sebabkan Lebih Banyak Polusi

0
Penelitian menunjukkan bahwa meskipun kendaraan ride-hailing kurang berpolusi dalam satu perjalanan, mereka lebih berpolusi daripada kendaraan pribadi selama sehari. Foto: AFP Relaxnews

Mungkin banyak yang mengatakan, armada ride hailing bisa membantu mengurangi emisi gas rumah kaca di kota-kota besar. Selain itu juga diklaim menjaga lalu lintas tetap berjalan. Namun, pada kenyataannya tidaklah sesederhana itu.

Baca juga: Layanan Ride Hailing di Amerika Serikat Sumbang 69 Persen Emisi Karbon

Pasalnya, dari studi baru-baru ini menunjukkan bahwa ride hailing rata-rata kurang berpolusi hanya pada perjalanan tertentu. Bahkan keuntungan ini terjadi sepanjang hari oleh semua rute yang mereka lalui tanpa membayar pelanggan alias perjalanan tanpa penumpang.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thestar.com.my (5/10/2021), menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Chemical Society, bahkan armada kendaraan sewa pribadi yang sepenuhnya listrik tidak akan sepenuhnya mengurangi biaya tambahan yang dikenakan oleh mobil ride hailing kepada masyarakat, dibandingkan dengan mengendarai mobil pribadi.

Ini karena mereka mengemudi lebih lama daripada kendaraan lain, perjalanan dengan mobil ride hailing dapat mengurangi polusi udara yang terkait dengan apa yang disebut start dingin. Selain itu, mereka rata-rata lebih baru dan kurang berpolusi dibandingkan kendaraan penumpang konvensional.

Faktanya, rata-rata, perjalanan naik kendaraan dapat menghasilkan pengurangan 50-60 persen dalam biaya yang terkait dengan polusi udara lokal. Sayangnya, manfaat ini diimbangi oleh efek negatif dari waktu yang dihabiskan di antara tarif.

Di mana pengemudi bepergian tanpa penumpang hingga penjemputan berikutnya. Ini dapat mencapai hingga 40 persen dari total jarak tempuh setiap mobil. Hingga pada akhirnya, setiap perjalanan ride hailing dapat merugikan masyarakat sekitar 35 sen lebih dalam hal penanganan polusi daripada jika dilakukan dengan mobil pribadi.

Baca juga: Imbas Pandemi Bisnis Turun 100 Persen, Jeeny Tata Ulang Model Bisnis Ride Hailing di Arab Saudi

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti mensimulasikan penggantian perjalanan kendaraan pribadi dengan layanan ride hailing di enam kota AS, termasuk Austin, Chicago, dan New York.