Dilema Soal Seat Pitch, Masih Dimaklumi Penumpang

Sumber: okezone.com

Duduk di pesawat selama berjam-jam tanpa bisa menyandarkan kursi tentu terasa bagaikan mimpi buruk. Seperti halnya dalam penerbangan low cost carrier, jarak antara satu kursi dengan lainnya cukup dekat sehingga untuk meluruskan kaki saja pun terkadang harus berpikir dua kali.

Baca juga: Tolak Atur Regulasi Kursi Pesawat, FAA: Kenyamanan Penumpang Bukan Masalah Keamanan

Tak hanya kaki, saat menurunkan sandaran duduk juga seringkali memikirkan penumpang lain agar tidak mengganggu. Bila ditelisik 2,5 juta orang terbang dari Amerika Serikat dan duduk berasa lebih dekat dengan orang yang berada di depannya.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari thrillist.com, ternyata masalah ruang kaki dan sandaran kursi yang diturunkan bisa membuat sesama penumpang saling berargumen. Sebab, sebenarnya penumpang bisa saja menurunkan sandaran kursi tetapi penumpang dibelakangnya tidak setuju atau tidak suka karena tempatnya duduk menjadi lebih sempit.

“Dalam 21 tahun, saya tidak pernah ada orang di dalam pesawat yang terlibat pertengkaran mengenai hal itu,” ujar pramugari American Airlines, Jill McIlvaine.

Dia mengatakan mungkin ada sedikit yang pasif dan yang agresif cukup banyak. Bahkan McIlvaine mengatakan, saat pertemuan pramugari antara tiga maskapai penerbangan dirinya menemukan kesimpulan yang sama, dimana tidak ada yang menyaksikan perkelahian atau pertengkaran verbal serta ketegangan dalam bentuk apapun.

McIlvaine mengatakan, saat melakukan perjalanan jarak dekat meski tak lagi ada makanan hangat tetap saja masih banyak orang yang menaiki pesawat untuk perjalanan mereka. Bisa dikatakan pesawat setiap harinya pun penuh dan membuat sedikit ruang untuk bergerak.

Sebenarnya untuk mendapatkan ruang kaki yang cukup, penumpang yang terbiasa dalam penerbangan bisa mengetahui kursi mana yang cukup nyaman untuk dipilih. Apalagi jika memiliki tubuh yang tinggi biasanya sudah tahu memilih duduk di kursi bagian mana.

Baca juga: Untuk Rute Jarak Pendek, Low Cost Carrier Tawarkan Konsep “Standing Seat”

Kini selain kelas ekonomi, pilihan ekonomi plus juga sedikit lebih baik. Tetapi ini hanya ada di beberapa maskapai saja. Jika Anda tidak memiliki keadaan khusus di bidang masalah punggung atau ukuran fisik, mungkin ini agak sedikit membuat tidak nyaman.