Dinilai Belum Siap, LRT Jakarta Urung Beroperasi Saat Asian Games 2018

LRT Jakarta. Sumber: Tribunnews.com

Harapan bakal mengularnya LRT (Light Rapid Transit) Jakarta pada 10 Agustus 2018, nampaknya urung dilakukan. Dengan pembatalan tersebut maka LRT yang selama ini proyeknya dikebut, batal menyemarakan pagelaran Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus mendatang.

Baca juga: Sambut Asian Games 2018, LRT Jakarta Siap Beroperasi 10 Agustus Mendatang

Pengerjaan proyek LRT yang telah sampai pada fase uji coba terus digenjot pengerjaannya beberapa waktu ini, lantaran LRT rute Kelapa Gading – Velodrome Rawamangun direncanakan sebagai moda transportasi para atlet dari penginanapan ke area pertandingan.

Sebelumnya ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bahwa LRT Jakarta akan beroperasi pada 10 Agustus 2018. Namun kabar terbaru yang dikutip dari news.metrotvnews.com (2/8), menyebutkan LRT Jakarta batal beroperasi saat Asia Games 2018. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Light Rapid Transit (LRT) Jakarta tidak beroperasi saat Asian Games 2018. Angkutan massal berbasis rel itu dinilai belum siap dioperasikan.

“Jakarta belum ya, karena belum siap untuk dilaksanakan,” kata Basuki di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Agustus 2018. Basuki mengatakan, Koridor I Fase I (Kelapa Gading-Velodrome) juga dipastikan tidak bisa dioperasi meski sudah memasuki masa trial. “Untuk keseluruhannya enggak, yang di Kelapa Gading baru di trial juga,” ucap dia.

Saat ini pihak PT Jakarta Propertindo telah menyiapkan empat trainset yang akan beroperasi, walaupun tercatat LRT Jakarta sendiri sudah memiliki delapan trainset. Waktu operasinya sendiri mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Bahkan 24 masinis telah disiapkan untuk mengoperasikan LRT Jakarta.

Baca juga: Rolling Stock Selesai 2 Bulan Sebelum Target, Ini Dia 5 Fakta Unik LRT Jakarta

Dengan batal beroperasinya LRT pada 10 Agustus, sontak membuat beberapa warga kecewa, pasalnya selama ini LRT telah digadang-gadang sebagai maskot transportasi untuk hajatan pestar olah raga terbesar di Asia ini. Bahkan pengerjaan rangkaian kereta (rolling stock) di Korea Selatan telah dipercepat, dan dapat selesai dua bulan sebelum target.

Disisi lain, LRT Palembang justru malah telah beoperasi dan siap melayani transportasi Asian Games 2018.