Direktorat Penerbangan India, Longgarkan Standar BMI untuk Awak Kabin Wanita

0
Awak kabin India (News18.com)

Sebagai seorang awak kabin baik wanita atau pria memiliki kriteria khusus, selain pintar, mempesona dan tubuh yang proporsional. Biasanya untuk mengukur proporsional tubuh seseorang menggunakan, Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh, sehingga bisa diketahui apakah orang itu memiliki proposional tubuh yang pas, kurang atau obesitas alias kelebihan berat badan.

Baca juga: Mau Jadi Awak Kabin? Standar Tinggi Badan Masih Jadi Syarat Utama!

KabarPenumpang.com melansir dari laman economictimes.indiatimes.com (29/11/2018), regulator penerbangan Directorate General of Civil Aviation (DGCA) India berencana untuk melonggarkan norma-norma kebugaran tubuh yang ketat untuk awak kabin wanita. Hal ini untuk memastikan peraturan yang sama terhadap seragam yang akan digunakan nantinya.

Seorang pejabat DGCA mengatakan, regulator ingin tidak ada persyaratan yang berbeda antara awak kabin pria maupun wanita. Sebab selama ini dia mengatakan, untuk awak kabin wanita persyaratan BMI lebih ketat dibandingkan pria.

Hal ini juga dilakukan DGCA untuk memastikan paritas gender atau kesetaraan gender dan perubahan telah disusun serta diusulkan untuk Persyaratan Penerbangan Sipil atau Civil Aviation Requirement (CAR) yang terkait dengan kebugaran medis awak kabin. Menurut peraturan yang dikeluarkan DGCA pada tahun 2014 lalu, BMI normal untuk awak kabin pria adalah 18-25 sedangkan untuk wanita 18-22.

Ini terlihat sangat jauh dan untuk BMI 25-29,9 untuk awak kabin pria kelebihan berat badan dan 30 ke atas adalah obesitas. Sedangkan untuk wanita BMI 22-27 kelebihan berat badan dan 27 ke atas adalah obesitas sesuai aturannya.

Baca juga: Tipping Layakkah Diberikan Pada Awak Kabin?

BMI dianggap metode yang lebih baik untuk menentukan apakah seseorang kelebihan berat badan atau obesitas. Sesuai regulator, BMI adalah indikator yang andal dari pengukuran lemak tubuh dengan cara berat badan dibagi (tinggi (meter)x 2) dan hasilnya adalah BMI.

Meski begitu, BMI tidak mengukur lemak tubuh secara langsung, tetapi menghubungkannya dengan pengukuran langsung lemak tubuh. Di masa lalu, ada beberapa perusahaan penerbangan tertentu yang memutuskan untuk merumahkan beberapa awak kabin mereka karena kegemukan atau kelebihan berat badan.

Leave a Reply