Dorong Potensi Wisata, Citilink Buka Rute Baru Medan-Yogyakarta

Dua kota berbeda budaya bisa di dekatkan dengan penerbangan langsung Citilink yakni dari Yogyakarta menuju Kualanamu (PP) yang akan dimulai penerbangan perdananya pada Rabu, 20 September 2017. Selain menyatukan dua perbedaan budaya, rute baru ini juga diharapkan mendorong pertumbuhan di sektor pariwisata baik Yogyakarta dan Medan.

Baca juga: Airbus A320Neo – Tawarkan Kabin Lebih Senyap, Inilah Pesawat Terbaru Citilink

“Kami berharap bisa mendorong pertumbuhan pariwisata di Yogyakarta dan Medan,” kata Direktur Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo di Yogyakarta, yang dikutip KabarPenumpang.com dari netralnews.com (9/9/2017).

Juliandra menambahkan, penerbangan langsung ini diharapkan juga mampu memperkuat posisi penting Yogyakarta sehingga mempercepat peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata keduanya. Sebab kedua kota ini memiliki posisi penting yang strategis dalam jalur konektivitas nusantara.

Selain itu, dengan rute baru Yogyakarta – Kualanamu ini juga bagian dari komitmen Citilink Indonesia yang serius dalam membantu mempercepat pencapaian target Kementerian Pariwisata untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga tahun 2019 mendatang.

Yogyakarta sendiri sejak dahulu dikenal sebagai pusat kebudayaan, pariwisata dan pendidikan Indonesia. Di kota pelajar ini juga memiliki destinasi wisata yang sangat mendunia seperti Candi Borobudur dan Prambanan. Sedangkan Sumatera Utara memiliki Danau Toba yang menjadi kekayaan alam dan saat ini sedang berjuang untuk mendapat stastus sebagai kawasan Geopark dunia.

“Dengan berbagai potensi luar biasa yang dimiliki oleh kedua daerah tersebut, Citilink Indonesia optimis bisa mencapai target rata-rata tingkat keterisian kursi minimum sebesar 85 persen pada rute penerbangan tersebut,” kata Juliandra.

Baca juga: Jetstar Asia Buka Rute Indonesia ke Hat Yai via Singapura

Penerbangan perdana yang akan dimulai pada 20 September 2017 ini dimulai dengan nomor penerbangan QG 980 akan menerbangkan penumpang langsung dari Medan ke Yogyakarta dan akan ditempuh dalam waktu tiga jam sepuluh menit. Penerbangan berangkat dari Medan jam 12.00 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 15.10 WIB.

Sementara itu, QG 981 penerbangan langsung dari Yogyakarta ke Medan memakan waktu dua jam dan 55 menit dengan waktu keberangkatan pukul 15.55 WIB dan tiba di Medan pukul 18.50 WIB.