Dua Batang Emas Senilai Rp897 Juta Diselundupkan di Sol Sandal Penumpang Pesawat

0

Penyelundupan barang apapun itu bentuknya tidak diperkenankan bagi setiap penumpang. Nah, baru-baru ini seorang penumpang asal Afghanistan kedapatan menyelundupkan emas seharga Rs45 lakh atau setara Rp897 juta. Penumpang tersebut menyembunyikan emasnya di bagian bawah sol sandal yang dikenakannya.

Baca juga: Troli Tak Hanya Angkut Barang, di Bandara India Menjadi Tempat Penyelundupan Emas

Dia diamankan ketika tiba di Bandara Internasional Indira Gandhi (IGI) di New Delhi. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dnaindia.com (6/10/2019), pria asal Afghanistan ini berangkat dari Kabul ke New Delhi dan dicegat oleh petugas bea cukai Bandara IGI tepatnya di Terminal 3.

Petugas yang curiga kemudian memeriksa pria tersebut dan didapatkan dua batang emas seberat 1,3 kg di bawah sandalnya. Kemudian dia diamankan dan diperiksa oleh petugas bea cukai.

“Penumpang asal Afghanistan ini menyembunyikan dua keping emas di dalam sandalnya,” kata sebuah pernyataan dari Kantor Komisaris Bea Cukai Delhi.

Pria ini ditangkap pada 4 Oktober 2019 kemarin dan melanggar Undang-Undang Pabean bagian 110 tahun 1962 karena membawa dua potong emas secara kolektif dengan berat 1315 kg. Kini, karena perbuatannya, pihak bea cukai dan keamanan New Delhi melakukan investigasi lebih lanjut.

Hal ini mengingatkan pada kejadian pertengahan tahun 2018 lalu di mana seorang penumpang yang tiba dari Dubai menyelundupkan emas di sebuah troli ketika tiba di Bandara Internasional Chhatrapati Shijavi (CSIA). Pria ini awalnya dicegat dan dicurigai oleh petugas intilejen udara India.

Namun dilepaskan, tapi merasa ada yang ganjal ketika penumpang bernama Sheikh Zulfekar Ali tersebut beerjalan keluar, petugas kembali menahannya dan memeriksa troli yang digunakan. Setelah itu ternyata petugas menemukan empat batang emas seberat 1,2 kg senilai Rs34 lakh.

Emas-emas ini disembunyikan di troli dengan ditempelkan dengan dua pita perekat transparan pada pegangan logam di keranjang. Tak hanya itu, beberapa hari setelah kejadian empat batang emas, petugas bandara CSIA juga mendapatkan 15 keping emas yang dilekatkan pada kerangka troli bagasi.

Baca juga: Bayi Macan Tutul Lemas Setelah Disembunyikan di Dalam Tas Bagasi Kargo

Rute udara telah menjadi pilihan populer untuk menyelundupkan sindikat yang mempekerjakan operator dengan menjanjikan mereka imbalan yang baik untuk membawa emas melalui bea cukai.

Leave a Reply