Dua Pesawat ATR Garuda Kini Resmi Jadi “Milik” Citilink

ATR72-600 Citilink (Instagram)

Citilink menerima transferan sebanyak dua pesawat ATR72-212 dari PT Garuda Indonesia. Kedua pesawat ATR yang ditransfer tersebut melalui mekanisme sub-sublease atau menyewakan.

Baca juga: Angkut Petugas dan Bantuan Kemanusiaan, Garuda Indonesia Terbangkan ATR-72 600 Ke Palu

Gerry Soedjatman, Sekretaris Jaringan Penerbangan Garuda Indonesia mengatakan, pesawat jenis ATR lebih ideal dan tepat bila dioperasikan oleh maskapai dengan layanan minimun atau no frills. Sebab bila digunakan pada maskapai layanan penuh atau full service, akan membuat biaya tambahan.

“Kedua maskapai tersebut memiliki perbedaan struktur biaya dan pendapatan. Additional services akan mengakibatkan additional costs, dan itu sangat memudahkan terjadinya cost overrun untuk pengoperasian pesawat sekelas ATR,” kata Gerry.

Menurutnya, dengan cara transfer pesawat ATR ke Citilink cukup efektif jika dioperasikan dan berharap ATR lain yang digunakan Garuda Explore dilakukan spin-off menjadi maskapai sendiri atau dialihkan keselurahannya ke Citilink. Diketahui pada 11 Desember 2018 kemarin, kedua perusahaan penerbangan tersebut menandatangani perjanjian sub sewa lanjutan terkait ATR72-212 A MSN 1422 dan MSN 1438.

Awal pelaksanaan sub sewa ini sendiri lanjutan dari pesawat yang ditandai dengan penandatanganan sertifikat penerimaan oleh Citilink pada 29 Januari 2019 kemarin. Sehingga pada hari yang sama juga pesawat akan mulai dioperasikan oleh Citilink.

“Transfer armada ini diproyeksikan dapat memperbaiki kinerja operasional Perseroan secara keseluruhan dengan melakukan optimalisasi terhadap armada yang masih dimiliki oleh perseroan,” ujar Pjs VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, M.Ikhsan Rosan yang dikutip KabarPenumpang.com dari liputan6.com.

Dengan adanya pentransferan dua armada ATR tersebut, Citilink juga harus memikirkan para pilot dan kru Garuda yang mengoperasikannya. Dikarenakan, biasanya perpindahan pesawat sendiri juga diikuti oleh kru penerbangan tersebut. Gerry menambahkan, pilot senior yang sudah lama mengabdi di Garuda belum tentu bersedia untuk berpindah ke Citilink.

Baca juga: Wings Air Resmi Buka Rute Makassar – Maumere – Labuan Bajo dengan ATR-72

“Harus dilihat lagi kontrak kerja dan peraturan kerja bersamanya,” ujarnya. Kedua pesawat tersebut merupakan tahap awal dari total 16 unit ATR 72-600 milik induk usahanya yang akan dialihoperasikan.