Dubai Gunakan Virtual Reality Sebagai Media Pelatihan Pengemudi Bus

0
Dubai. Sumber: dubaitravelator.com

Agaknya tidak terlalu berlebihan jika menyebut Dubai sebagai kota yang selalu menggunakan teknologi mutakhir dan fantastis yang seolah datang dari masa depan. Jika di Indonesia kursus mengemudi masih menggunakan kendaraan konvensional dan ditemani oleh seorang tenaga ahli, maka lain ceritanya dengan di Uni Emirat Arab ini, dimana Anda akan menggunakan teknologi virtual reality (VR) sebagai media untuk belajar mengemudi.

Baca Juga: Virtual dan Augmented Reality Ubah Pengalaman Penumpang di Udara

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman timeoutdubai.com, Road and Transport Authority’s (RTA) Public Transport Agency telah mengungkapkan rencana untuk menggunakan teknologi VR untuk melatih pengemudi angkutan penumpang. Adapun tujuan dari penggunaan konsep ini adalah untuk meningkatkan kinerja semua pengemudi, dimana hal ini juga akan tercatat sebagai daerah pertama di Timur Tengah yang memanfaatkan teknologi VR dalam melatih pengemudi.

Kelak, para pengemudi ini akan menjalani berbagai pelatihan skenario interaktif, mulai dari paparan kondisi jalan, kontrol bus yang lebih baik, hingga menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Guna memaksimalkan media pembelajaran ini, teknologi VR yang digunakan untuk melatih pengemudi ini akan menggunakan alat belajar 3D seperti visualisasi dan pelatihan online.

“Pengenalan teknologi VR ini adalah bagian dari rencana untuk memprivatisasi pelatihan transportasi penumpang, dan akan digeneralisasi nanti ke semua lembaga pelatihan yang dikontrak”, ungkap salah satu eksekutif dari RTA Public Transport Agency, Abdullah Al Meer.

“Fase awal teknologi VR difokuskan pada proses integrasi untuk bus, yang pada akhirnya berkontribusi pada visi RTA tentang transportasi yang aman dan lancar untuk semua,” lanjutnya.

Baca Juga: First Airlines, “Maskapai” Jepang dengan Penerbangan Virtual Reality Pertama

Selain itu, RTA juga akan menggunakan teknologi VR ini sebagai unit pelatihan dan rehabilitasi lebih lanjut untuk pengemudi yang terlibat di dalam kecelakaan lalu lintas.  Dalam berita lain, RTA juga telah mengumumkan tes mengemudi otomatis di Dubai, yang berarti pengemudi yang tengah belajar sekarang akan dinilai oleh penguji maupun sistem pelacakan cerdas.

Leave a Reply