e-Oshima, Kapal Ferry Bertenaga Listrik dengan Baterai Sejenis di Boeing 787 Dreamliner

e-Oshima. Sumber: splash247.com

Oshima Shipbuilding merupakan sebuah perusahaan yang bermarkas di Nagasaki yang terkenal karena jajaran kapal ferry pengangkut curahnya. Perusahaan ini dikabarkan telah mengirim kapal pertama di Jepang yang hanya menggunakan daya baterai. Kapal yang diberi nama e-Oshima ini tidak hanya menggunakan baterai sebagai pembangkit listik untuk menggerakkan kapal tersebut, melainkan juga untuk keperluan komunikasi, navigasi, dan perangkat nirkabel lainnya.

Baca Juga: HYBRIDShip Bangun Kapal Ferry Tanpa Emisi

Tidak hanya itu, baterai yang ada di e-Oshima ini juga digunakan untuk peralatan penerangan, sistem pendingin ruangan, dan perangkat lain yang digunakan ketika berlayar. Sistem propulsi yang ada di e-Oshima ini menggunakan baterai Lithium ion (Li-on) berkapasitas besar dari GS Yuasa. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman splash247.com (7/8), baterai kapal ferry ini sendiri dapat terisi penuh hanya dalam waktu dua setengah jam saja.

Adapun kapal ferry yang memiliki panjang 35 meter ini mampu menampung hingga 50 orang, empat mobil penumpang, dan satu unit bus berukuran besar dalam sekali ‘tarikan’.

Jika Anda mengira teknologi otonom hanya tersemat pada moda darat dan udara saja, maka Anda salah besar – karena pasalnya, e-Oshima juga sudah menggunakan teknologi otonom yang memungkinkannya untuk melakukan operasi sendiri.

Baterai lithium-ion GS Yuasa telah dipasang di berbagai proyek profil tinggi termasuk Stasiun Luar Angkasa Internasional dan Boeing 787 Dreamliner.

Penggunaan baterai ini juga telah membuktikan bahwa Oshima Shipbuilding berperan serta dalam pelestarian lingkungan yang belakangan ini tengah digalakkan. Kondisi polusi yang semakin parah dewasa ini memang memaksa sejumlah pihak – terutama mereka yang ‘bermain’ di sektor transportasi untuk memutar otak memerangi polusi tanpa harus merugikan perusahaan.

Baca Juga: “The Ampere,” Kapal Ferry Bertenaga Listrik Pertama di Dunia!

Namun e-Oshima ini bukanlah kapal ferry pertama yang menggunakan tenaga listrik. Mungkin beberapa dari Anda masih ingat dengan the Ampere, kapal ferry bertenaga listrik perdana di dunia hasil rakitan Norwegian Shipyard Fjellstrand, yang juga bekerja sama dengan Siemens dan Norled.

Menurut Norled, sang operator, kapal ferry ini benar-benar bisa memangkas emisi hingga sebesar 95 persen! Keren, bukan?

Jika semua moda sudah ‘diinjeksi’ oleh tenaga listrik, mungkinkah di masa yang akan datang kita semua akan meninggalkan bahan bakar tenaga fosil dan beralih menggunakan listrik?