Ekinaka, Booth Working Space untuk Pekerja Mobile di Stasiun Kereta Jepang

Ruang kerja atau working space di pra sarana transportasi rasanya sudah jamak, namun yang jadi tantangan bukan soal kualitas koneksi internet, melainkan kenyamanan yang acap kali dipertanyakan, khususnya suara bising imbas aktivitas yang tinggi di lokasi tempat bertemunya banyak orang seperti di bandara dan stasiun kereta.

Baca juga: Merasakan Nostalgia Satu Abad Lalu di Stasiun Mojiko Jepang

Berangkat dari kondisi di atas, beberapa stasiun di Jepang menggelar fasilitas booth working space yang cukup unik. Booth khusus ini diberi label Ekinaka, dan dapat ditemui di area komersial stasiun. Booth Ekinaka berbentuk seperti bilik telepon, persisnya baru dipasang pada Rabu lalu (28/11) di Stasiun JR Shinagawa yang dioperasikan perusahaan kereta East Japan Railway Co. (JR East) dalam status uji coba.

Di dalam setiap booth tersebut sudah dilengkapi meja kerja, sofa, stop kontak, koneksi WiFi, dan karena sedang cuaca dingin, di dalam booth dilengkapi dengan pemanas ruangan. Dan yang paling penting, booth ini dirancang kedap suara, jadi pengguna mobile office dapat menikmati suasa tenang meski di tengah hiruk pikuk stasiun.

Ekinaka dapat dipesan lewat web, dan untuk tahap uji coba, waktu yang disediakan untuk menggunakan working space ini adalah 30 menit. Seperti diketahui, daerah di sekitar Stasiun JR Shinagawa termasuk distrik yang padat. Kebanyakan di area tersebut, orang-orang bekerja di luar ruangan, termasuk duduk di bangku kafe.

Dikutip KabarPenumpang.com dari the-japan-news.com (30/11), Yuto Katsubayashi, 23 tahun, karyawan perusahaan konsultan menyebutkan, bahwa dirinya merasa nyaman menggunakan Ekinaka. “Saya dapat bekerja fokus tanpa harus menarik perhatian, dan ini sangat efektif sembari menunggu jadwak keberangkatan kereta,” ujar Yuto.

JR East kini telah mendirikan empat booth masing-masing di stasiun Tokyo dan Shinjuku. Pengguna dapat mengguakan fasilitas ini bebas biaya selama periode percobaan. Sampai saat ini, sekitar 3.000 orang telah mendaftar untuk menjajal Ekinaka.

Juru bicara JR East mengatakan, “Tidak perlu kembali ke kantor jika ingin menggunakan booth kerja ini setelah kembali dari perjalanan bisnis. Kami ingin mendukung cara kerja yang lebih fleksibel.” Kedepannya, JR East akan memperkenalkan booth serupa tapi dalam format kerja kelompok (grup).

Baca juga: Stasiun Tokyo, Merangkap Jadi Museum dan Saksi Bisu Pembunuhan Dua PM Jepang

Juga masih dalam masa uji coba, Tokyo Metro Co. telah mulai memasang booth sejenis pada bulan Juni di stasiun Tameike-Sanno, Kasai dan Kita-Senju – tempat-tempat yang diketahui memiliki banyak pekerja kantoran.