Empat Aplikasi Maps di Android Ini Bisa Beroperasi Tanpa Koneksi Internet!

0
Sumber: Mashable

Kehadiran fitur GPS (Global Positioning System) di smartphone berbasis Android belakangan ini sudah menjelma menjadi sebuah keharusan. Kemampuannya untuk menunjukkan peta lokasi, mengarahkan pada titik yang sudah ditentukan sebelumnya, hingga mengecek kemacetan secara real-time menjadi fitur-fitur andalan yang ditawarkan oleh pihak pengembang.

Baca Juga: Duh! Terlalu Sering Gunakan GPS Bisa Turunkan Kinerja Otak

Dibarengi dengan koneksi internet yang mumpuni, Anda dapat dengan mudah bepergian tanpa harus takut tersasar walaupun di tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Namun apa jadinya jika koneksi internet Anda mengalami gangguan? Masih bisakah Anda membuka aplikasi GPS ini? Berikut KabarPenumpang.com paparkan empat aplikasi GPS yang dapat berfungsi tanpa membutuhkan koneksi internet (offline), dikutip dari laman makeuseof.com. Sebagai catatan, aplikasi GPS di bawah ini hanya bisa diakses melalui ponsel berbasis Android.

Google Maps

Sumber: istimewa

Aplikasi yang biasanya sudah otomatis ter-install ketika Anda membeli sebuah ponsel baru ini ternyata memiliki fitur offline maps. Cara menggunakannya adalah pastikan Anda terhubung dengan koneksi internet (lakukan ini sebelum Anda bepergian), masuk ke aplikasi Google Maps, pilih garis tiga yang ada di kolom ‘Search Here’, lalu pilih ‘Offline Maps’. Setelah itu, silakan Anda pilih daerah mana yang sekiranya hendak Anda tuju, lalu download. Dengan begitu, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi Google Maps walaupun tanpa koneksi internet.

MapFactor GPS Navigation Maps

Sumber: youtube

Aplikasi hasil kolabirasi OSM & TomTom ini dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store. Ketika mulai menggunakan aplikasi ini, Anda diminta untuk mengunduh terlebih dahulu lokasi yang ingin Anda tuju (dibagi berdasarkan negara). Ketika unduhan sudah selesai, maka Anda dapat menggunakan aplikasi ini walau dalam keadaan offline. Ingat, pastikan Anda men-download peta lokasi sebelum bepergian dan ketika masih terhubung dengan koneksi internet ya!

GPS Navigation and Maps Sygic

Sumber: istimewa

Cara kerja dari aplikasi ini hampir sama dengan MapFactor GPS Navigation Maps, namun yang membedakan adalah kualitas gambar yang dihasilkan dan aplikasi yang dirilis oleh TomTom ini memiliki fitur khusus untuk para pengemudi kendaraan bermotor dan pejalan kaki. Selain itu, Anda juga bisa membagikan rute perjalanan yang sebelumnya ditempuh kepada teman-teman Anda.

Baca Juga: Penggunaan GPS Diperdebatkan, Inilah Tips Aman Menggunakannya!

CoPilot GPS Sat-Nav Navigation

Sumber: youtube

Ini merupakan aplikasi berbayar yang memberikan free trial selama satu minggu (termasuk tampilan 3D pada peta). Lepas dari masa free trial, Anda akan menikmati peta dalam tampilan 2D. Adapun kelebihan dari aplikasi yang menyajikan peta lokasi secara offline ini adalah tiga opsi yang dapat Anda pilih setelah menentukan titik yang hendak dituju. Sama seperti tiga aplikasi di atas, Anda harus mengunduh terlebih dahulu lokasi yang sekiranya hendak Anda tuju sebelum dapat menikmati fitur-fitur di dalamnya dalam kondisi offline.

Leave a Reply