Tuesday, July 16, 2024
HomeHot NewsEnam Maskapai ini Dikenal Punya Layanan Ekonomi Premium Terbaik

Enam Maskapai ini Dikenal Punya Layanan Ekonomi Premium Terbaik

Bagi kebanyakan orang, tidak selalu mudah untuk membedakan antara kelas ekonomi, ekonomi plus, dan ekonomi premium. Semisal dengan memilih ekonomi premium, umumnya menawarkan lebih dari beberapa inci ruang kaki ekstra. Ekonomi premium yang ideal sebagai semacam opsi “kelas bisnis ringan”, dengan makanan yang lebih baik, sajian kuliner yang lebih mewah, kursi yang lebih lapang, dan fasilitas yang ditingkatkan, seperti check-in khusus dan akses ke lebih banyak ruang penyimpanan.

Baca juga: Hadirkan Kelas Ekonomi Premium, Emirates Galau untuk Pesawat yang Digunakan 

Meski berasal dari pembagian kelas ekonomi yang didasarkan atas posisi kursi yang lebih baik, namun tidak semua maskapai menghadirkan ketiga sub kelas di atas. Biasanya maskapai internasional dan rute jarak jauh memiliki kabin ekonomi premium yang menawarkan fasilitas paling banyak, dengan pesawat baru seperti Airbus A350, Airbus A380, Boeing 777, dan Boeing 787 Dreamliner, umumnya dihadirkan ketiga pilihan sub kelas ekonomi tadi.

Dikutip dari cntraveler.com, berikut adalah enam maskapai internasional yang selama ini dianggap menyajikan layanan ekonomi premium terbaik di dunia.

1. Emirates
Emirates memulai debutnya dengan kelas ekonomi premium pada tahun 2021, khususnya, pada pesawat Airbus A380. Fasilitasnya dimulai di bandara, dengan meja check-in terpisah, jatah tas jinjing yang lebih besar, dan pemilihan kursi gratis. Di dalam kabin, Emirates menggunakan elemen desain yang sama dengan kabin kelas bisnis ikonik maskapai, seperti kulit krem ​​dengan detail jahitan dan aksen kayu.

Penumpang juga mendapatkan bantal besar, sandaran kepala enam arah yang dapat disesuaikan, sandaran betis dan kaki, dan layar hiburan dalam penerbangan berukuran lebar 13,3 inci, serta meja makan dengan meja koktail samping, dan port pengisian daya.

Untuk santapan dalam penerbangan, nikmati makan malam tiga menu yang disajikan di peralatan makan porselen Royal Doulton dengan sendok garpu stainless steel. Emirates selalu menyertakan hidangan lokal ke tujuan penerbangan pada menu ekonomi premium—seperti daging sapi lada Thailand dengan nasi melati dan pak choi.

2. Qantas
Kabin ekonomi premium Qantas tersedia di Boeing 787 Dreamliners dan Airbus A380 dan benar-benar terpisah dari kelas ekonomi reguler dengan kursi dalam tata letak dua-tiga-dua. Kursi lebih lebar dan memiliki lebih banyak ruang untuk kaki daripada pelatih, tetapi mereka juga memiliki sandaran tangan yang lebih lebar dengan kompartemen penyimpanan, dua outlet USB, sandaran kepala yang ergonomis, dan sandaran kaki.

Penumpang ekonomi premium akan disambut dengan anggur bersoda, koktail, atau jus gratis saat naik. Makanan disajikan di atas peralatan makan yang dirancang khusus. Fasilitas dalam penerbangan lainnya termasuk headphone peredam bising, bantal besar, selimut wol 100 persen, dan perlengkapan kenyamanan bermerek Napoleon Perdis. Penumpang di kabin juga memiliki akses ke konter check-in khusus dan boarding prioritas.

3. All Nippon Airways (ANA)
Penumpang yang memesan kelas ekonomi premium di ANA akan menerima banyak manfaat yang sama seperti terbang di kelas bisnis mewah maskapai penerbangan Jepang. Pada penerbangan internasional, penumpang kelas ekonomi premium mendapatkan jaminan akses ke ruang tunggu ANA di bandara utama, termasuk bandara Haneda dan bandara Narita di Tokyo, bandara Kansai Osaka, dan bandara Honolulu. Juga menerima prioritas penanganan bagasi.

Kursi ekonomi premium terbaru ANA, yang terdapat di pesawat Airbus A380, Boeing 787-10, dan Boeing 777-300ER, memiliki pitch 38 inci yang lapang, sandaran kaki yang menopang betis, monitor pribadi besar 15,6 inci, dan lampu baca yang dapat disesuaikan terpasang pada sandaran kepala.

Selama penerbangan, mereka yang duduk di kelas ekonomi premium dapat memesan dari menu minuman kelas bisnis, yang mencakup pilihan pilihan Champagne, sake, anggur merah dan putih, anggur plum Umeshu, dan shochu. Saat waktu makan tiba, penumpang akan disuguhi hidangan favorit maskapai yang memadukan masakan Asia dan Barat, termasuk roti buatan sendiri yang disajikan di kelas bisnis.

4. Virgin Atlantic
Di dalam kabin pesawat Virgin Atlantic yang dirancang dengan apik, ada banyak hal yang bisa dirayakan—seperti kabin Kelas Atas yang diperbarui pada pesawat Airbus A350 milik maskapai dengan lounge The Loft.

Penumpang premium mendapatkan jalur check-in dan drop bagasi khusus, ditambah boarding prioritas. Setelah naik, penumpang diberikan segelas sampanye selamat datang gratis. Penerbangan tertentu juga mencakup layanan teh sore khas Virgin, yang menyajikan sandwich, kue teh, dan scone hangat dengan selai dan krim beku.

5. Singapore Airlines
Singapura, yang dikenal dengan suite kelas satu yang luar biasa, juga memiliki produk ekonomi premium yang solid yang tersedia di pesawat A350, A380, dan Boeing 777.

Tempat duduknya luas dengan lebar hingga 19,5 inci, sandaran delapan inci, serta sandaran betis dan kaki. Setiap tempat juga memiliki dua port USB dan layar 13,3 inci yang dilengkapi dengan headphone peredam bising. Ada juga area penyimpanan individu yang dirancang khusus untuk botol air, laptop, dan headphone. Sementara sebagian besar kursi berada dalam tata letak dua-empat-dua, pesawat A350-900ULR maskapai memiliki enam kursi tunggal yang tersedia, yang akan memberikan pengalaman lebih seperti kelas bisnis.

Baca juga: Dalam Penerbangan, Pilih Kelas Ekonomi Premium Atau Ekonomi Biasa?

6. Cathay Pacific
Selain kelas bisnis maskapai penerbangan Hong Kong Cathay Pacific secara konsisten menempati peringkat favorit, namun ekonomi premiumnya pada Boeing 777 dan A350 juga patut diperhatikan.

Terletak di kabin terpisah dalam tata letak dua-empat-dua, kursi memiliki ruang yang cukup dengan lebar hingga 20 inci dan ketinggian hingga 40 inci, menurut Seat Guru. Ada juga sandaran betis panjang penuh dan sandaran kaki berlapis kulit pada A350 dan Boeing 777-300ER, dan meja baki yang lebih besar. Selain itu, ada meja koktail mini terpisah, yang dapat menampung minuman selamat datang gratis yang diterima penumpang saat boarding.

Penumpang ekonomi premium memesan dari menu yang ditingkatkan, diberikan boarding prioritas, dan memiliki akses ke konter check-in khusus di bandara tertentu.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru