‘ePatrolling’ Aplikasi Untuk Mudahkan Kontrol Petugas Polsuska

Indian Railway (abplive.in)

Indian Railways sebentar lagi akan meluncurkan aplikasi mobile ePatrolling yang akan membantu petugas Railways Protection Force (RPF) atau Polsuska selama tugas mengawal penumpang di kereta. Kehadiran aplikasi ini juga untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang selama perjalanan mereka di dalam kereta.

Baca juga: Mengenal Polsuska, Penegak Peraturan di Kereta Api

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman pinkcitypost.com (22/11/2018), ruang kontrol akan melacak lokasi RPF melalui aplikasi dan mengambil tindakan instan jika terjadi keadaan darurat atau kelalaian. Pertama-tama, aplikasi ePatrolling akan diperkenalkan di kereta dari Delhi menuju Mumbai yang melalui Jaipur.

Salah seorang pejabat kereta api mengatakan, aplikasi ePatrolling akan hadir di Rajdhani dan kereta ekspress launnya terlebih dahulu. Sebab, proses instalasi akan selesai pada bulan Januari 2019 mendatang.

Fase pertama akan mencakup semua stasiun kereta api besar di jalur barat yang berada di bawah rute bagian Mumbai. Nantinya akan ada kode QR prefabrikasi yang ditempatkan pada kereta-kereta ekspres tersebut.

Sebelum kehadiran ePatrolling ini, dalam satu kereta api, selalu ada empat hingga lima petugas RPF yang dikerahkan untuk melakukan patroli di kereta api termasuk kereta api premium, pos hingga ekspres atau biasa dalam kereta perjalanan jarak jauh. Komunikasinya pun antar personel kemanan dan ruang kontrol kereta api melalui teknologi nirkabel.

Namun, nantinya setelah ePatrolling hadir maka untuk menjaga keselamatan penumpang akan dipastikan hanya ada dua petugas RPF di dalam kereta. Selain mengurangi jumlah tenaga RPF dalam kereta, ePatrolling juga memudahkan dalam pengecekan dan meningkatkan keselamatan penumpang.

Baca juga: Operator Kereta India Digitalisasikan Layanan Keluhan Penumpang

Aplikasi ePatrolling sendiri akan berfungsi setelah di instal pada ponsel masing-masing petugas RPF. Kemudian setiap dua jam RPF Jawaan yang bertugas harus memindai kode QR yang ditempatkan di kereta melalui aplikasi.

Kemudian ruang konntrol akan mendapat pembaruan langsung dan lokasi dari petugas RPF setiap dua jam setelah mereka memindai kode QR tersebut. Ruang kontrol juga dapat memberi informasi terkait keamanan darurat kepada petugas RPF melalui aplikasi tersebut serta petugas ruang kontrol bisa melacak lokasi petugas RPF yang bertugas dan dapat mengirim mereka ke tempat darurat yang sesuai.