Etihad Mundurkan Semua Penerbangan ke 16 Juni 2020

0
Airbus A320 milik Etihad di Dubai Airshow2017. Sumber: ainonline.com

Etihad Airways yang sebelumnya mengumumkan berencana melanjutkan penerbangan pada Mei 2020, kini harus kembali menundanya. Hal tersebut karena pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) belum memberikan keringanan pembatasan perjalanan pada maskapai tersebut.

Baca juga: Dampak Lanjutan Wabah Corona, Arab Saudi Larang Masuk Jamaah Umrah dari Indonesia

Sehingga Etihad mau tak mau menangguhkan semua penjualan online untuk penerbangan sebelum 16 Juni 2020. KabarPenumpang.com melansir dari laman thenational.ae (29/4/2020), maskapai penerbangan Abu Dhabi ini telah menutup pemesanan penerbangan yang berangkat pada bulan Mei dan dua minggu pertama di bulan Juni.

Sehingga saat ini mereka hanya menerima pemesanan baru untuk penerbangan yang dijadwalkan mulai 16 Juni mendatang. Namun, Etihad mengatakan, hal tersebut juga masih bisa berubah jika suspensi penerbangan saat ini diperpanjang.

Awalnya diketahui, Etihad sendiri mengumumkan mereka berencana untuk melanjutkan penerbangan mulai 16 Mei. Tetapi sekali lagi mereka mengaskan, bahwa hal ini bergantung pada suspensi penerbangan yang dicabut oleh otoritas UEA.

Hingga hari ini, para pelancong dapat memesan penerbangan di situs web Etihad untuk perjalanan dalam dua minggu terakhir bulan Mei ke beberapa tujuan. Ini termasuk India, Inggris, Sri Lanka, Pakistan dan Amerika Serikat. Tidak ada pembaruan resmi dari pemerintah UEA terkait pelonggaran pembatasan perjalanan, dan Etihad kini telah mengambil keputusan untuk menangguhkan penjualan penerbangan untuk perjalanan sebelum 16 Juni.

“Untuk meminimalkan potensi gangguan atau ketidaknyamanan kepada pelanggan, hanya tarif fleksibel dan dapat dikembalikan yang akan ditawarkan setelah 29 April 2020, untuk perjalanan antara 16 Juni dan 31 Agustus 2020. Jaringan ini sedang ditinjau terus-menerus, dan Etihad sedang memantau situasi dan mengikuti arahan UEA dan pemerintah internasional dan otoritas pengatur,” kata juru bicara Etihad.

Pelancong yang telah memesan penerbangan dengan Etihad untuk perjalanan di bulan Mei dapat memesan ulang penerbangan untuk tanggal lain atau meminta kredit Etihad atau pengembalian uang. Etihad terus mengoperasikan penerbangan repatriasi khusus dari Abu Dhabi ke beberapa tujuan. Beberapa dari penerbangan ini sekarang dijadwalkan untuk berjalan hingga akhir Mei.

Dublin dan New York adalah tempat terbaru yang ditambahkan ke jadwal penerbangan repatriasi. Sebuah penerbangan akan membawa warga negara Irlandia di negara itu ke Dublin pada hari Jumat, 1 Mei. Bagi warga AS yang berharap untuk kembali ke New York, Eithad akan mengoperasikan penerbangan pada hari Senin, 4 Mei.

Baca juga: Operasional Terganggu Akibat Virus Corona, Ini Strategi Maskapai Dunia Maksimalkan Pesawat Widebody

Etihad juga mengoperasikan penerbangan kargo dan memulangkan warga Emirat dari luar negeri. Warga negara UEA yang ingin pulang ke rumah harus menghubungi kedutaan atau konsulat setempat.

Leave a Reply