Fantastis! London Punya Enam Bandara Internasional

Sumber: istimewa

Jangan samakan antara Jakarta dan London, bila di Jakarta keseluruhan ada dua bandara komersial, maka di London setidaknya ada 23 bandara komersial. Jumlah yang sangat wow, dari 23 bandara, 17 bandara digunakan untuk melayani penerbangan domestik, sedangkan sisanya 6 berstatus sebagai bandara internasional. Jumlah enam bandara internasional di satu kota tentu terbilang fantastis. Yang terbesar dan paling prestisius adalah Bandara Heathrow, bandara yang dilayani oleh Garuda Indonesia dalam penerbangan direct flight-nya dari Jakarta.

Baca juga: Dari Italia Sampai Ke Inggris, Berikut 10 Bandara Tersibuk di Benua Biru!

Selain itu, masih ada Bandara Gatwick, yang di dapuk sebagai bandara internasional kedua terbesar di London. Bandara yang satu ini juga akrab bagi Garuda Indonesia, pasalnya maskapai plat merah ini juga pernah menyinggahi Gatwick. Agar lebih lebih mengenal keenam bandara internasional di London, berikut ulasan singkatnya

1. Bandara Heathrow (LHR)
Bandara yang juga dikenal sebagai yang tersibuk di Eropa ini hampir melayani semua penerbangan internasional yang melalui Inggris. Heathrow terletak di tepi barat dari kelima bandara lainnya. Jaraknya sekitar 22 km dari pusat kota London. Bandara ini memiliki 5 termimal dan landas pacu. Bandara ini juga merupakan basis utama maskapai British Airways yang berada di Terminal 5.

2. Bandara Gatwick (LGW)
Bandara tersibuk kedua di London adalah Gatwick, lokasinya berada di tepi selatan dari kelima bandara lainnya, tepatnya di daerah West Sussex, atau sekitar 48 km dari pusat kota London. Gatwick hanya memiliki satu landas pacu dan dua terminal. Maskapai British Airways juga menggunakan bandara ini sebagai basis penerbangan untuk rute ke Eropa dan Karibia. Lain dari itu, Gatwick juga menjadi basis bagi beberapa maskapai low cost carrier.

3. Bandara Stansted (STN)
Stansted adalah bandara ketiga tersibuk di London, lokasi berada di tepi utara. Persisnya Stansted terletak di Stansted Mountfitched, disktrik Uttlesford, Essex, jaraknya sekitar 48 km dari pusat kota London. Jika pembaca sering mendengar nama Ryanair, nah maskapai LCC tersebut menggunakan bandara Stansted sebagai basisnya.

Baca juga: Terima Pesan Hoax, Eurofighter Typhoon Inggris Paksa Mendarat Ryanair

4. Bandara Luton (LTN)
Inilah bandara tersebik keempat di London, berlokasi di tepi utara, dan lebih dekat dengan Bandara Heathrow. Jarak bandara ini dari pusat kota London berkisar 57 km. Bandara Luton menjadi basis dari maskapai LCC EasyJet.

5. Bandara London City (LCY)
Merupakan bandara kelima tersebuk di London, berada di kawasan Newham, jarak dari pusat kota London ke bandara ini mencapai 11 km. London City hanya memiliki satu landas pacu, dan jarak landas pacu yang pendek, menjadikan bandara ini belum dapat dilalui pesawat berukuran besar.

6. Bandara Southend (SEN)
Ini mennadi bandara keenam tersibuk di London, berada di tepi timur dari kelima bandara lainnya. Dari pusat kota London, Southend berjarak 64 km. Rute yang dilayani dari bandara ini umumnya dari dan menuju Irlandia dan Eropa. Karean tidak terlalu sibuk dibandingkan lima bandara lainnya, sehingga penumpang yang tidak membawa bagasi di kargo dapat keluar dari bandara hingga menuju terminal kereta dalam waktu 15 menit saja.