“Ferizy,” Mudahkan Penumpang Beli Tiket Kapal Ferry Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk

0
Peluncuran Aplikasi Ferizy(PT ASDP Indonesia Ferry)

Tak hanya kereta api dan pesawat terbang saja yang membeli tiketnya melalui pemesanan online, tetapi moda laut seperti kapal ferry juga ikut ambil bagian. Di mana PT ASDP Indonesia Ferry menghadirkan aplikasi Ferizy untuk memudahkan layanan penyeberangan seperti pembelian tiket perjalanan dari pelabuhan keberangkatan hingga tiba di tujuan.

Baca juga: Update PSBB, ASDP Layani 688.836 Unit Truk Logistik di 7 Cabang Utama

Apalagi di masa pandemi Covid-19, pembelian tiket melalui online bisa membantu mengurangi tatap muka antar penumpang dan petugas yang berjaga di loket pembelian. Direktur utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan perjalanan ferry dengan lebih baik dengan melakukan reservasi dan membeli tiket secara online melalui www.ferizy.com atau aplikasi Ferizy.

cara pembatalan tiket kapal ferry secara online melalui aplikasi Ferizy (PT ASDP Indonesia Ferry)

Untuk melakukan pembelian tiket online ini, Ira mengatakan baru bisa dipesan oleh penumpang yang akan melintas dari Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya dan Ketapang menuju Gilimanuk atau sebaliknya. Tiket yang dibeli melalui aplikasi H-60 hingga maksimal tiga jam sebelum keberangkatan.

Pembelian tiket online secara mandiri melalui website maupun aplikasi sangat mudah, dan pencatatan manifest terkait data asuransi yang menjadi hak pengguna jasa juga semakin akurat. Dengan pembelian melalui aplikasi, penumpang tidak perlu mengantri di pelabuhan karena hanya perlu menscan dengan barcode yang didapat ketika pembelian online.

Kemudian setelah itu, penumpang akan mendapat boarding pass untuk naik kapal. Bisa dikatakan, aplikasi Ferizy sendiri memiliki keunggulan yang sama karena yang sebelumnya hanya website. Pelanggan pun bisa mengunduh aplikasi Ferizy di ponsel Android di Play Store. Sedangkan untuk pengguna iOS saat ini masih dalam proses dan dalam waktu dekat diperkirakan sudah ada.

Aplikasi Ferizy sendiri merupakan besutan Telkom dan tren pembelian tiket secara online saat ini terus meningkat seiring gaya hidup masyarakat yang cenderung bertransaksi elektronik dalam kegiatan konsumsi. Kehadiran penjualan tiket online ini, membuat tidak adanya penjualan secara Go Show atau langsung beli di loket seperti dahulu.

Namun saat ini pihak ASDP masih memiliki penjualan tiket Go Show untuk sementara waktu sembari terus mengedukasi penumpang dengan pembelian tiket online melalui aplikasi Ferizy atau websitenya. Selain melalui website dan aplikasi, pengguna jasa kini dapat membeli tiket ferry di seluruh gerai Alfamart sebagai mitra resmi penjualan tiket ASDP dengan biaya admin mulai dari Rp1000 sampai dengan Rp5 ribu disesuaikan dengan jumlah nominal per transaksi.

Baca juga: Hentikan Sementara Penjualan Tiket Penumpang, ASDP Hanya Layani Logistik

Untuk diketahui, ketika penumpang yang memiliki tiket dan akan melakukan pembatalan bisa langsung melalui aplikasi ataupun website. Penumpang tinggal mengklik riwayat pemesanan dan ada menu refund. Uang pengembalian tiketnya akan ditransfer ke pelanggan rata-rata maksimal 30 hari setelah pembatalan.

Leave a Reply